IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 di SD NEGERI 1 PANJI LOR

  • Mohammad Dodik Efendi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Afif Amroellah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Hasil Belajar merupakan hasil akhir yang didapatkan atapun luaran dari hasil pembelajaran yang dilakukan siswa di sekolah. Hasil belajar adalah hal yang penting sebab merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran itu sendiri baik berupa angka maupun tingkah laku. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat pada hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal tentunya banyak sekali aspek yang dibutuhkan dalam pembelajaran salah satunya adalah pemilihan pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa. Dari hasil Observasi yang dilakukan oleh peneliti di salah satu sekolah guru masih menggunakan metode ataupun pendekatan yang konvensional hal ini kurang menarik sehingga siswa sulit memahami pembelajaran khusnya pada mata pelajaran Matematika dan mengakibatkan nilai hasil belajar yang menurun. Mata pelajaran Matematika sangat penting untuk dipahami oleh siswa sendiri sebab pelajaran ini akan diterapkan pada kehidupan sehari - hari. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) khususnya pada materi pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang mengadopsi langkah-langkah dari Teori Hobri dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan tersebut yaitu dengan melihat dari nilai rata - rata siswa yang meningkat dari pra siklus sebesar 56,5, dan siklus I sebesar 75,5 dan siklus II sebesar 81. Hal ini menunjukkan bahwa model Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)  mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahmad Susanto, 2013. “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah” Jakarta :Kancana Prenamedia Group
Alfian, Achmad Hadi. 2017. Pengembangan Media Puzzle Materi Pecahan Sederhana pada Siswa Kelas III SDN Karangwidoro 02 Dau Malang. Jurnal Etheses (http://etheses.uin.malang.ac.id/6144, diakses pada tanggal 05 juni 2018) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ariyadi, Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Fuad ihsann.(2005).Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta:PT Rineka Cipta.
Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini. 2014. ”Perecanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika”. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dsn Kebudayaan.
Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.
Sukardi.2006.Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan.Jakarta Usaha Keluarga
Suciati,dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tutut Rahmawati, Gamaliel Septian Airlanda. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas 4 SDN Mangunsari 05. MAJU. Universitas Kristen Satya Wacana.
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). In Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). AcehPo Publishing
Wahyudi, Kriswandani.(2013).Pengembangan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Yamin, Martinis. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sunarti, Y. (Yuyun), K. Y. (K) Margiati, and S. (Sri) Utami. 2017. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Tanjungpura University, Vol. 6. [Online] https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18741
Published
2025-06-13
How to Cite
EFENDI, Mohammad Dodik; PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi; AMROELLAH, Afif. IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 di SD NEGERI 1 PANJI LOR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 75-82, june 2025. ISSN 2656-4459. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/6523>. Date accessed: 27 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i1.6523.
Section
Articles