PERAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SDN BALEREJO

  • Gati Destiyani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bambang Ismanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Gaya kepemimpinan yang dikenal sebagai "kepemimpinan demokratis" mendorong setiap orang di perusahaan untuk memiliki suara dalam keputusan-keputusan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran rinci tentang bagaimana kepala sekolah SDN Balerejo menggunakan kepemimpinan demokratis untuk membuat keputusan tentang iklim sekolah. Pendekatan kualitatif yang menggunakan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Informasi dikumpulkan melalui tinjauan dokumen, wawancara mendalam dengan pejabat sekolah, fakultas, dan perwakilan orang tua siswa, dan observasi kelas. Menurut penelitian, kepala sekolah SDN Balerejo mempraktikkan kepemimpinan demokratis. Ini termasuk: (1) melibatkan orang tua, guru, dan staf dalam diskusi tentang kebijakan sekolah; (2) mendorong orang untuk berpartisipasi aktif dengan memberikan saran, ide, dan kritik yang membangun; (3) menghormati sudut pandang yang berbeda dan mencoba untuk mencapai konsensus ketika membuat keputusan; (4) menugaskan tanggung jawab dan wewenang kepada bawahan berdasarkan keterampilan mereka; dan (5) memupuk lingkungan di mana setiap orang bertanggung jawab. Peningkatan keterlibatan siswa, rasa kebersamaan yang lebih kuat, dan kepemilikan kolektif atas keberhasilan sekolah adalah semua hasil dari gaya kepemimpinan demokratis ini dalam tindakan.

References

Djunaedi, R. N., Gunawan, L., & others. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(3), 400–408.
Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. (2020). How school leadership influences student learning: A test of “The four paths model.” Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599.
Liebowitz, D. D., & Porter, L. (2019). The effect of principal behaviors on student, teacher, and school outcomes: A systematic review and meta-analysis of the empirical literature. Review of Educational Research, 89(5), 785–827.
Sanjani, M. A. (2018). Kepemimpinan demokratis kepala sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).
Yin, R. K. (2017). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.
Published
2025-05-06
How to Cite
DESTIYANI, Gati; ISMANTO, Bambang; WASITOHADI, Wasitohadi. PERAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SDN BALEREJO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 27-34, may 2025. ISSN 2656-4459. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/6201>. Date accessed: 09 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i1.6201.
Section
Articles