SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Artikel ini membahas efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar melalui tinjauan sistematis terhadap literatur yang relevan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi bagaimana pendekatan tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan analisis terhadap 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dari database Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran tematik meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan hasil belajar yang signifikan. Berbagai model pembelajaran seperti Role Playing, Discovery Learning, dan Blended Learning terbukti efektif dalam konteks ini. Pembahasan menekankan pentingnya kreativitas guru dan dukungan lingkungan belajar untuk keberhasilan pembelajaran tematik. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran tematik dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menyarankan untuk memperluas sumber studi dalam penelitian mendatang guna mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang efektivitas pembelajaran tematik.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.
References
Efendi, F. K., B, R., & S, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kabupaten Bantaeng. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1290–1297. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V6i2.1654
Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Nht Dan Model Pembelajaran Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 228–237. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.932
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Tik Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.
Hatima, Y., Fajrudin, L., Jatmiko, A. B., & Jodiyariyan, R. A. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Professional Elementary Education, 4(1), 67–78.
Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 642–651. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1280
Hikmah, W. L., Husniati, & Safruddin. (2022). Efektivitas Model Blended Learning Pada Pembelajaran Tematik. Journal Of Classroom Action Research, 4(1), 54–57. Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i1.1401
Intan, M., Fatmawati, F., & Rahman, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 1–15.
Jayanti, T., Jalal, M., & Siregar, N. (2024). Implementasi Kemampuan Kerja Sama Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 10(2), 203–212.
Mawardi, A. D., & Aritonang, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Tematik Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bangkal. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 70–76. Https://Doi.Org/10.57216/Pah.V18i1.360
Sasmita, E., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Penggunaan Model Webbed Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4737–4751.
Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas Vi Sd N 2 Girimarto. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V6i1.9177
Trihartoto, A., & Indarini, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 117–124. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V5i1.45547
Umamah, N. F., Zahro, I. P., Cahyani, A. I., Anggira, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 68–79.
Zahrah, A., Farhillah, A. R., Ramadhan, A. F., Putri, D., & Zaki, A. A. (2025). Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Menggunakan Media Digital Dan Metode Ceramah Di Kelas Viii E Dan Viii F Smpn 1 Telagasari. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(4), 55–73.