@article{consilium, author = {Dea Mustika and Miftahul Zahra and Diana Putri and Annisa Daniela and Aulia Anjani and Wulandari Wulan}, title = { SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Artikel ini membahas efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar melalui tinjauan sistematis terhadap literatur yang relevan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi bagaimana pendekatan tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan analisis terhadap 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dari database Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran tematik meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan hasil belajar yang signifikan. Berbagai model pembelajaran seperti Role Playing, Discovery Learning, dan Blended Learning terbukti efektif dalam konteks ini. Pembahasan menekankan pentingnya kreativitas guru dan dukungan lingkungan belajar untuk keberhasilan pembelajaran tematik. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran tematik dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menyarankan untuk memperluas sumber studi dalam penelitian mendatang guna mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang efektivitas pembelajaran tematik. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.}, issn = {2775-9466}, pages = {935--946}, doi = {10.36841/consilium.v5i2.6516}, url = {https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6516} }