PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI INOVASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN PENDIDIKAN
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pembelajaran berdiferensiasi terhadap keadilan pendidikan dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (literature review), yang menganalisis berbagai sumber ilmiah seperti jurnal terakreditasi, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir (2014–2024). Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) berdasarkan tema-tema strategis, seperti strategi implementasi, peran guru, dampak terhadap siswa, dan kendala pelaksanaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan peluang besar dalam menciptakan pendidikan yang lebih adil dan inklusif, karena mampu menyesuaikan proses belajar dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Dampak positif yang ditemukan antara lain meningkatnya keaktifan siswa, keterlibatan emosional, serta integrasi literasi digital dan tradisional yang memperkuat karakter siswa. Namun, beberapa kendala seperti minimnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, dan kurangnya pelatihan menjadi tantangan serius dalam implementasinya. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi memiliki potensi strategis dalam mewujudkan prinsip keadilan pendidikan di era Kurikulum Merdeka. Implikasinya, dibutuhkan dukungan kebijakan, pelatihan berkelanjutan, dan ketersediaan sumber daya yang memadai agar strategi ini dapat diimplementasikan secara optimal di berbagai konteks satuan pendidikan.
Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, keadilan pendidikan, literasi digital, peran guru.
References
Astuti, M., Agustin, L., Alhusaini, M. Y., Anggraini, T., & Adellia, S. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Kurikulum Merdeka. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 6(1), 66–76.
Azizah, S. N., & Astutik, A. P. (2025). Diferensiasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Di Era Digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2905–2915.
Bakar, A. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Menghadapi Keberagaman Siswa. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–6.
Halimah, N. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019.
Magfiroh, V. S., & Hilman, C. (2025). Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Minat Dan Bakat Perspektif Pembelajaran Berdiferensiasi. RIGGS: Journal Of Artificial Intelligence And Digital Business, 4(2), 164–170.
Nurhaswinda, N., Berliana, P. I., Afira, N., Husnul, A., Rahma, M., Resvita, R., & Mulyadi, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Best Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6385–6394.
Ramadhan, A. R., Afif, A., Chaerani, A., & Putranto, H. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ppkn Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di SMP Labschool Jakarta. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 417–426.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan Untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma, I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.