PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK-ANAK DI DESA RANCA BUAYA

  • Wiputra Cendana Universitas Pelita Harapan
  • Gracelia Meynanda Sumahaf Universitas Pelita Harapan

Abstract

Literasi merujuk kemampuan untuk memahami, mengolah serta tidak hanya sebatas pada kemampuan dalam membaca dan menulis namun literasi juga mencakup kemampuan untuk berpikir kritis, menganalisis, dan berkarya melalui berbagai sumber daya, baik dalam bentuk teks, data, maupun media lainnya, untuk dapat memecahkan masalah maupun membuat suatu keputusan. Di Indonesia, pendidikan merupakan sektor penting untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa-siswa, namun pendidikan di Indonesia masih sangat jauh dari kata baik. Banyak sekali tantangan-tantangan yang masih dihadapi oleh pendidikan Indonesia, yaitu kurangnya tenaga pengajar profesional, tidak meratanya fasilitas yang diperlukan, biaya pendidikan yang mahal, dan juga undang-undang pendidikan yang masih sering berganti dan tidak stabil. Dampak dari kurang meratanya pendidikan sering kali dirasakan oleh siswa-siswa yang tinggal di pedesaan, termasuk pada daerah Desa Ranca Buaya. Oleh sebab itu untuk menghadapi permasalahan ini diperlukan adanya bantuan pengajaran yang membantu siswa-siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang berguna bagi mereka sekaligus meningkatkan motivasi belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik gabungan yaitu wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Melalui hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa anak-anak di desa Ranca Buaya memiliki minat dalam belajar namun minat belajar tersebut tidak bertahan lama, dan kurangnya akses pada kebutuhan pendidikan yang memadai. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-08
How to Cite
CENDANA, Wiputra; SUMAHAF, Gracelia Meynanda. PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK-ANAK DI DESA RANCA BUAYA. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 606-621, july 2025. ISSN 2809-4670. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/5911>. Date accessed: 15 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v4i2.5911.
Section
Articles