PENGEMBANGAN KONTEN VISUAL MENARIK UNTUK MEMPERKUAT KESADARAN MEREK PRODUK “SARI KUNYIT ASEM WR9” DESA WRINGINSONGO, KABUPATEN MALANG

  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang
  • Setyo Nugroho Politeknik Negeri Malang
  • Dimas Yos Anggara Politeknik Negeri Malang
  • Tri Ramadani Arjo Politeknik Negeri Malang
  • Ayu Sulasari Politeknik Negeri Malang
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang
  • Tirto Unarto Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad fauzi Politeknik Negeri Malang

Abstract

“Sari Kunyit Asem WR9” berlokasi di Desa Wringinsongo, Kabupaten Malang, merupakan salah satu usaha yang memproduksi minuman tradisional berbasis rempah. Meskipun memiliki produk berkualitas, UMKM ini menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya kesadaran merek (brand awareness) di kalangan konsumen dan keterbatasan kemampuan dalam memanfaatkan media digital untuk pemasaran. Produk ini belum sepenuhnya dikenal secara luas, sehingga memengaruhi potensi penjualan dan pertumbuhan usaha. Permasalahan lain yang dihadapi adalah kurangnya kemampuan pelaku usaha dalam menciptakan konten visual yang menarik dan konsisten. Konten yang menarik dan relevan sangat diperlukan untuk menarik perhatian konsumen, terutama e-commerce yang menjadi platform utama dalam pemasaran digital. Selain itu, pengelolaan e-commerce yang tidak terencana menyebabkan pesan pemasaran sulit tersampaikan secara efektif. Berdasarkan tantangan tersebut, diperlukan pendampingan dalam pembuatan konten visual menarik untuk menciptakan konten pemasaran yang efektif guna meningkatkan daya tarik serta potensi penjualan produk. Hasil pengabdian telah menunjukkan bahwa konten yang informatif dan visual interaktif mampu meningkatkan respons konsumen secara luas. Strategi pengembangan konten yang adaptif dan berbasis kebutuhan audiens dapat menjadi pendekatan efektif dalam mengoptimalkan penjualan produk UMKM secara digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Centralnesia.com. 2024. Strategi Pemasaran Rempah di Era Digital: Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global https://centralnesia.com/nusantara/11112/strategi-pemasaran-rempah-di-era-digital-meningkatkan-daya-saing-di-pasar-global/. diakses tanggal 29 Januari 2025.
diginext.co.id. 2023. Transformasi Digital UMKM di Indonesia: Tantangan, Peluang, dan Dukungan Digitalisasi. https://diginext.co.id/transformasi-digital-umkm-di-indonesia-tantangan-peluang-dan-dukungan-digitalisasi/. diakses tanggal 29 Januari 2025
kumparan.com. 2024. Transformasi Digital UMKM di Tengah Pandemi: Peluang dan Tantangan. https://kumparan.com/opini-sister/transformasi-digital-umkm-di-tengah-pandemi-peluang-dan-tantangan-23dwVh5XfTQ. diakses tanggal 29 Januari 2025.
Sugiyanti, L, Rabbil, M. Z., Oktavia K. C, Silvia, M. 2022. Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin: Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional. Vol. 1 No. 2 Desember 2022. Hal. 100-110.
timesindonesia.co.id. 2024. Desa Wringinsongo Siap Jadi Desa Wisata dengan Produk UMKM Unggulan, https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/521072/desa-wringinsongo-siap-jadi-desa-wisata-dengan-produk-umkm-unggulan?. Diakses tanggal 29 Januari 2025
Published
2025-11-23
How to Cite
EVELINA, Tri Yulistyawati et al. PENGEMBANGAN KONTEN VISUAL MENARIK UNTUK MEMPERKUAT KESADARAN MEREK PRODUK “SARI KUNYIT ASEM WR9” DESA WRINGINSONGO, KABUPATEN MALANG. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 471-482, nov. 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/7007>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i2.7007.