UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN 4 SUDALARANG
Abstract
Pendidikan yang berfokus pada penguatan literasi dan numerasi menjadi fondasi utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Untuk mengatasi ketimpangan layanan pendidikan, khususnya di daerah 3T(tertinggal, terdepan,terluar) Kemendikbudristek meluncurkan Program Kampus Mengajar, yang merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini menghadirkan mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran di sekolah dasar, terutama dalam aspek literasi dan numerasi. SDN 4 sudalarang adalah salah satu sekolah yang menjadi sasaran program kampus mengajar yang berlokasi di Desa Sudalarang, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan difokuskan pada penerapan budaya literasi dan numerasi di lingkungan sekolah sebagai upaya strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Metode kegiatan dilakukan secara bertahap yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu melijar ( membaca 15 menit sebelum belajar), pohon literasi, taman belajar, kreativitas numerasi, dan hari literasi dan numerasi. Hasil kegiatan menunjukkan hasil positif dengan adanya peningkatan minat belajar siswa serta perkembangan kemampuan literasi dan numerasi mereka.
Downloads
References
Chyalutfa, U., Makki, M., & Syahrul Jiwandono, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913
Delfi, I., Hidayat, S., Triviana, F., Artikel, I., & kampus Mengajar, P. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Karang Manik Melalui Program Kampus Mengajar. SATWIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 90–100. Retrieved from https://doi.org/10.21009/satwika.030201
Elton Kabukut Takanjanji, Ni Wayan Ekayanti, & I Made Diarta. (2022). MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN IMPLEMETASI PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BEBRASIS BARANG BEKAS. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(1), 26–33. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3724
Enzelina, P., Pangaribuan, F., Tampubolon, S., Rahmatullah, M. I., & Samosir, A. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Adaptasi Teknologi di SDN 14 Talang Muandau melalui program Kampus mengajar. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 2(2), 78. https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.909
History, A. (2024). https://jurnal.uns.ac.id/shes, 7(3), 679–684.
Indah, N., & Assaggaf, A. S. W. (2024). Pengaruh Literasi Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV, 2(02).
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Lonawata, O. M., Blegur Wabang, R., Letidena, L., Loban, J. M., & Puling Tang, M. I. (2023). Kegiatan Adaptasi Teknologi pada Penugasan Program Kampus Mengajar 4 di SMP N 2 Kalabahi. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 236–241. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i2.1777
Ramadaniyanti, D. P., Umam, K., Alfayed, D., Setiorini, De., & Siswoyo, A. A. (2023). Peran taman sekolah sebagai motivasi siswa sd dalam mencintai tumbuhan dan alam sekitar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 36–46. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/128%0Ahttps://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/download/128/65
Rizkiyah, N., Adiansha, A. A., Yusuf, M., Fatmah, F., & Syarifuddin, S. (2023). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan IV dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V SDN Inpres Kalate. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.325

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







