MEMBANGUN SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA REMAJA MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI SMA DARUSSALAM WANARAJA
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini di latar belakangi oleh rendahnya kepercayaan diri berbicara di depan umum yang menghambat potensi siswa, adanya rasa gugup yang dimiliki oleh siswa, selain itu tidak ada materi pembelajaran tentang public speaking ditingkat sekolah sehingga kemampuan soft skill siswa tidak tergali padahal siswa tersebut berpotensi untuk berbicara di khalayak ramai. Hal ini disebabkan oleh keterampilan komunikasi yang tidak efektif, kurangnya pengalaman berbicara di depan umum, dan ketakutan menerima umpan balik yang tidak menyenangkan dari orang lain. Tujuannya untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara dihadapan khalayak ramai. Melalui pelatihan ini, siswa diharapkan mampu mengatasi rasa gugup, menyampaikan ide dengan jelas dan terstruktur, serta membangun self-efficacy dalam berbagai situasi komunikasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan teknik Pendekatan penilaian, percakapan, public speaking, praktik, dan penutup. Hasil dari pengabdian ini meningkatnya kepercayaan diri dan kemampuan berbicara siswa yang meningkat secara signifikan, dengan adanya motivasi dan beberapa teknik public speaking sehingga dapat merubah mindset para siswa dan lebih pecaya diri ketika berbicara di depan umum. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan public speking meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi siswa yang ditandai dengan adanya materi atau wawasan yang mereka peroleh.
Downloads
References
Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2018). Pelatihan Public Speaking Untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Siswa Sman 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Ijccs, x, No.x(2), 66–69.
Hapsari, R. N., Agustina, S. M., Wijaya, R., & Romadona, M. R. (2024). Kurangnya Keterampilan Komunikasi Generasi Z Memasuki Pasar Kerja Inadequate Communication Skills of Generation Z Entering the Workplace. 9(1), 55-66 https://doi.org/10.56873/jpkm.v9i1.5241
Idawati, L., & Sudibjo, N. (2022). Karakteristik Pendidik di Era Digital [Educator’s Characteristics in the Digital Era]. Jurnal Ketopong Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.19166/jkp.v2i1.5489
Idris, M., Jalal, N., Daud, M., A, M. A., Istiqamah, S., & Bur, A. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Forum Genre Sulawesi Selatan. Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad
Isaac, B. (2023). Revised Edition. The Limits Of Empire, viii–viii. https://doi.org/10.1093/oso/9780198149262.002.0004
Jalal, N. M., Gaffar, S. B., Syam, R., Syarif, K. A., & Idris, M. (2023). Pemberian Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Keterampilan Presentasi Di Depan Umum. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(2), 192–200. https://doi.org/10.53769/jai.v3i2.460
Lavandaia, Y., Bali, D., Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., Julius, A., Inggris, P., & Bahasa, E. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking Bagi Siswa-Siswi Man 1 Lampung Tengah. Jurnal Widya Laksmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 76–81.
Manda, D., Rahman, A., Kasmita, M., Rukmana, N. S., & Darmayanti, D. P. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public speaking di SMPN 33 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4610–4620. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1051%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1051/1469
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1, 79–78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214
Melvina, Y. D., & Nurhadi, Z. F. (2024). PELATIHAN REPORTASE BERITA DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI LISAN BAGI SISWA SMKN 2GARUT. 7(3). 862-875. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index
Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 03(01), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979
Rachmawati, F., & Ananda, A. R. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siwa SMAN 17 Surabaya. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 126–143. https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.14528
Rahmaniah, N., & AR, R. A. (2022). Public Speaking for Student Sebagai Upaya Peningakatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMA Negeri 1 Tinambung. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 538–545. https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.342
Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. 2(2), 61–67. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.