PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK PERLUASAN PEMASARAN PRODUK PADA USAHA BATIK TULIS TOGURAN SAMPANG

  • Hary Suswanto Universitas Negeri Malang
  • Achmad Hamdan Universitas Negeri Malang
  • Wahyu Nur Hidayat Universitas Negeri Malang
  • Mochammad Rizal Ramadhan Universitas Negeri Malang

Abstract

Usaha Batik Tulis Toguran di Dusun Toguran, Sampang, merupakan penggerak utama ekonomi kerakyatan setempat. Namun, pemasaran produk masih dilakukan secara manual dan terbatas pada area lokal, hal tersebut menghambat potensi pertumbuhan usaha. Kurangnya pemanfaatan teknologi informasi menjadi kendala utama dalam perluasan jangkauan pasar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan e-commerce berbasis website sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan sistem, implementasi website e-commerce, pelatihan penggunaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah website e-commerce untuk Usaha Batik Tulis Toguran yang mencakup fitur katalog produk, pemesanan online, pembayaran, dan informasi pengiriman. Hasil evaluasi menunjukkan respon positif terkait kemudahan penggunaan, efisiensi pengelolaan pesanan, visibilitas produk dan jangkauan pemasaran. Implementasi website e-commerce ini diharapkan pada akhirnya meningkatkan penjualan serta pendapatan usaha Batik Tulis Toguran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, A. and Mardhani, M. (2021). An overview of e-commerce adoption in indonesian smes. Journal of Physics Conference Series, 1811(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012104
Hindrayani, A. (2019). How does electronic payment systems affect the development of e-commerce business in indonesia?. Economica, 8(1), 12-19. https://doi.org/10.22202/economica.2019.v8.i1.3604
Khaskheli, A. and Jun, Y. (2016). A review on the importance of e-commerce for smes in pakistan. Journal on Innovation and Sustainability Risus, 7(1), 11. https://doi.org/10.24212/2179-3565.2016v7i1p11-17
Mahmuddin, M. and Sirait, N. (2022). E-commerce growth and development, impact, and challenges in indonesia. Neoclassical Legal Review Journal of Law and Contemporary Issues, https://doi.org/10.32734/nlr.v1i1.9603
Nurcahyo, R. and Putra, P. (2021). Critical factors in indonesia’s e-commerce collaboration. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(6), 2458-2469. https://doi.org/10.3390/jtaer16060135
Sari, L. and Fisabilillah, L. (2021). Pengaruh pertumbuhan umkm dan tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi di indonesia. Independent Journal of Economics,. https://doi.org/10.26740/independent.v1i3.43584
Utomo, S., Dewi, M., Sidharta, R., Suprihhadi, H., & Widiarma, I. (2024). Pendampingan legalitas dan perancangan ekosistem koperasi jasa. Proficio, 5(2), 51-56. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3366
Published
2025-05-31
How to Cite
SUSWANTO, Hary et al. PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK PERLUASAN PEMASARAN PRODUK PADA USAHA BATIK TULIS TOGURAN SAMPANG. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 163-173, may 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/6187>. Date accessed: 25 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i1.6187.