PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI KREATIF UMKM DI DESA AGROWISATA EDUKASI SUNGAI JAWI, PALEMBANG
Abstract
Teknologi informasi berperan penting dalam ekonomi digital dewasa ini, terutama dalam memasarkan produk dan jasa, termasuk UMKM di Indonesia. Namun masih banyak UMKM yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknik bisnis digital sebagai media promosi kreatif untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya. Salah satu UMKM tersebut adalah UMKM Pokdarwis Desa Agrowisata Sungai Jawi Palembang yang memproduksi minuman herbal. Karena keterbatasan pengetahuan dalam pemanfaatan aplikasi digital, kemasan produk yang dihasilkan relatif masih sederhana dengan tampilan merek yang juga masih sederhana, sehingga kurang menarik pembeli. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi digital anggota UMKM Pokdarwis Palembang, terutama dalam membuat konten promosi yang kreatif dan inovatif berbasis Canva. Peningkatan kompetensi digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan UMKM Pokdarwis dalam melakukan promosi melalui media sosial dengan menggunakan aplikasi Canva. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tutorial/pendampingan, dan diskusi. Peserta melakukan praktek membuat konten promosi digital dengan menggunakan aplikasi Canva. Evaluasi dilaksanakan terhadap peningkatan pemahaman peserta akan materi yang dilatih dalam bentuk pre-test dan post-test serta evaluasi pelaksanaan kegiatan. Setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan, kemampuan peserta dalam membuat bahan promosi dengan menggunakan aplikasi Canva semakin baik. Peserta juga mendapat tambahan pengetahuan tentang promosi digital.
Downloads
References
Badrul, M., Septiana, L., Budihartanti, C., & Dewi, Y. N. (2023). Pelatihan Digital dengan Aplikasi Canva Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi di TPQ Bina Ummah. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–83. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i2.2207
Dewi, K. R. K., Harini, N. N. P., & Yoga, P. A. A. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Promosi Kreatif dan Inovatif Pada Era Digital. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Prospek 2, 298–302.
Dharomesz, V. Y., Api Adyantari, R., Sasmita, P. H., & Oscar Noventa, C. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Promosi Di Media Sosial Menggunakan Aplikasi Canva. 02(November), 469–475.
Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Umkm Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing Dengan Graphic Designer Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574
Fahminnansih, F., Rahmawati, E., & Poerna Wardhanie, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Kano, K., Choi, L. K., Riza, B. subhan, & Dinda octavyra, R. (2022). Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1), 44–62. https://doi.org/10.34306/sabda.v1i1.72
Linda Wijayanti, Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Umkm Binaan Asppuk. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 117–125. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.18245
Qisthiano, M. R., & Pramana, D. (2023). Menggapai Keunggulan Promosi di Era Digital: Kolaborasi Canva untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian …, 1(3). https://pbsi-upr.id/index.php/Faedah/article/view/296%0Ahttps://pbsi-upr.id/index.php/Faedah/article/download/296/238
Saehan, A., Suryadi, S., & Pohan, T. H. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 44–48. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i4.129
SIRCLO. (2023). Memahami E-Commerce 2024: Strategi dan Kiat untuk Menyongsong Masa Depan Pertumbuhan Pemilik Merek. sirclo.com. https://www.sirclo.com/press/memahami-e-commerce-2024-strategi-dan-kiat-untuk-menyongsong-masa-depan-pertumbuhan-pemilik-merek
Zahrosa, D. B., Soejono, D., Prabowo, R. U., Subroto, G., & Sari, S. (2024). Pendampingan UMKM Melalui Pemahaman Manajemen Keuangan Sederhana dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kapasitas Usaha. Integritas: Jurnal Pengabdian, 8(1), 211–221. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4267

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.