PELATIHAN PEMBUATAN ELECTRIC SURFBOARD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT PESISIR

  • Jangka Rulianto Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Rochmad Eko Politeknik Negeri Banyuwangi
  • IGNA Satria Prasetya Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Kanom Kanom Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Anggra Fiveriati Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Abdul Rohman Politeknik Negeri Banyuwangi

Abstract

Pelatihan pembuatan electric surfboard ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat pesisir untuk meningkatkan keterampilan teknis dan menciptakan peluang ekonomi kreatif. Electric surfboard merupakan inovasi dalam olahraga air yang memadukan teknologi dan rekreasi, sehingga memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata maritim. Kegiatan ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merakit dan mengoperasikan electric surfboard, serta memberikan wawasan tentang peluang usaha di bidang wisata air. Metode pelatihan meliputi teori, praktik langsung, dan bimbingan kewirausahaan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam memahami komponen utama, proses perakitan, serta pengoperasian electric surfboard. Selain itu, peserta juga mendapatkan wawasan terkait strategi pemasaran dan pengembangan bisnis. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong munculnya usaha kreatif baru di sektor wisata pesisir, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memperkuat ekonomi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bappenas. (2020). Strategi Pembangunan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Bali. (2021). Laporan Tahunan Pengembangan Pariwisata Berbasis Kreativitas. Denpasar: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Harlow: Pearson Education.
Kemenparekraf. (2021). Potensi Pengembangan Wisata Maritim di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd Edition). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Mulyadi, S. (2022). Pengantar Ekonomi Kreatif: Konsep, Teori, dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, A. R. & Prasetyo, B. (2019). Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Suyono, B. & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.
Wibisono, D. (2017). Manajemen Kinerja: Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Yulianto, A. & Dewi, S. (2019). "Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis
Published
2025-05-04
How to Cite
RULIANTO, Jangka et al. PELATIHAN PEMBUATAN ELECTRIC SURFBOARD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT PESISIR. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 62-69, may 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/6102>. Date accessed: 09 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i1.6102.