STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI JEMAAT GKP PALALANGON MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PEMASARAN PRODUK DAN DESAIN DIGITAL
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi jemaat Gereja Kristen Pasundan (GKP) Palalangon melalui pelatihan pemasaran produk dan desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Berdasarkan hasil survei awal, jemaat menghadapi keterbatasan dalam pengetahuan manajemen usaha kecil dan strategi pemasaran yang efektif. Melalui pendekatan Competency-Based Training (CBT), kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 dan diikuti oleh 50 peserta dari kalangan remaja hingga dewasa. Pelatihan difokuskan pada penguatan konsep bauran pemasaran (7P), perizinan usaha, serta kemampuan desain kemasan dan media promosi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi pemasaran modern serta kemampuan untuk menghasilkan desain yang menarik dan fungsional. Program ini berhasil membekali jemaat dengan keterampilan praktis yang dapat menunjang pengembangan UMKM lokal secara berkelanjutan
Downloads
References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing management (15. ed). Pearson.
Kusni, M. (2025). Optimalisasi Pengelolaan Pelayanan dan Pemberdayaan Ekonomi dalam Konteks Gereja: Menuju Kesejahteraan Jemaat. 9(1).
Kuswandi, I. (2021). Eksistensi umat Kristiani Palalangon Kecamatan Ciranjang 1902-2020. Eksistensi; Umat Kristiani; Palalangon;, 24.
Mulder, D. M. (2004). Education, competence and performance. Wageningen Universiteit, 58.
Nababan, T. S. (2017). INCREASING ECONOMIC WELFARE OF CHURCH CONGREGATION: A CONCEPT OF EMPOWERMENT. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 9(1), 113–121. https://doi.org/10.17977/um002v9i12017p113
Qomariah, N. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan ‘Soft Skill Pembuatan Krupuk Samiler’ Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 1, 7. Vol 1, No 2 (2015). https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v1i2.272
Rohmah, A. A., Anggraini, A., Safitri, N. S., Rosaail, M. ’Aalim, Qois, M. A. I., & Izzuddin, M. H. (2024). Pemulasaraan Jenazah di Desa Purwodadi: Tinjauan Historis dan Praktik Kontemporer Sesuai Syariat Islam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2243–2251. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i6.1204
Selamet, I. (2023a, Desember). GKP Palalangon, Gereja Berusia Seabad di Kampung Kristen Tertua Cianjur. detikJabar, 1.
Selamet, I. (2023b, Desember). Indahnya Toleransi, Hidup Rukun 2 Agama di Kampung Kristen Cianjur. 1.
Sembiring, M., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan Strategi Pemasaran, Bisnis Dan Keuangan Produk Rumahan Masyarakat Desa Durian Kec. Pantai Labu. Jurnal Abdidas, 1(4), 277–283. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.53
Sholicha, N., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286
Silitonga, P. (2023). Peran Gereja Terhadap Ekonomi Jemaat Dan Upaya Gereja Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Jemaat. 2.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.