PERSIAPAN PENINGKATAN TAHAPAN USAHA SEBAGAI EKSPORTIR PADA UKM SAMBEL PECEL BU PARIYEM MADIUN
Abstract
Sambel Pecel Bu Pariyem sudah menjalankan kegiatan usahanya lebih dari 3 tahun. Usaha ini dimulai oleh ibu Pariyem yang menjual nasi pecel, kemudian usahanya berkembang dengan membuat sambel pecel. Sambel pecel Bu Pariyem berbeda dengan sambel pecel pada umumnya, karena jenisnya kering dan tidak berminyak. Hasil diskusi awal Tim Abdimas dengan ibu Lestari pemilik Sambel pecel Bu Pariyem mengerucut pada tujuan utama abdimas ini yaitu untuk persiapan menuju ekspor. Kemudian hasil diskusi mendalam menyimpulkan terdapat dua permasalahan: 1) adanya permintaan konsumen untuk kemasan sambel pecel sekali konsumsi yang belum dapat dipenuhi, dan 2) penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran yang belum. Solusi, kegiatan dan hasilnya untuk permasalahan pertama adalah i) pengembangan bisnis dengan diversifikasi kemasan produk, kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan mesin pengemasan otomatis dan pelatihan serta pendampingan penggunaan mesin. Hasil kegiatan ini adalah sambel pecel dengan tersedianya mesin pengemasan sachet, peningkatan ketrampilan penggunaan dan pemeliharaan mesin. ii) Peningkatan standar mutu, kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan standar mutu pangan. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan mengenai HACCP. Dan iii) peningkatan tata kelola keuangan, kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan penghitungan biaya produksi dan harga jual. Hasil kegiatan ini adalah harga jual sesuai riset pasar dan peningkatan efisiensi biaya produksi. Sedangkan solusi untuk permasalahan kedua adalah pengembangan pemasaran produk. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan pengembangan omnichannel. Hasil kegiatan ini adalah penawaran ke beberapa toko oleh-oleh di Surabaya, aktivasi e-commerce Shopee, dan penyamaan nama dalam medsos.
Downloads
References
Hansen, D.R., & Mowen, M. M. (2007). Managerial Accounting (8th ed.). New York, USA: Thomson Higher Education.
Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2017). Strategic Management: Competitiveness & Globalization: Concept and Cases (12th ed.). Boston, Masachussets: Cengage Learning.
Joewono, A., Rachmawati, D., Anggorowati, A. A., & Pranjoto, H. (2022). Pengembangan Usaha Makanan Tradisional Produk Lokal dengan Mesin Produksi Tepat Guna pada UMKM “RISQI†di Desa Curah Cottok, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, LPPM Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Rachmawati, D., Joewono, A., Murdiyanto, D., & Anggorowati, A. A. (2023). Peningkatan Kapasitas Produksi Pupuk Kandang dan Pencatatan Keuangan pada KWT Mawar. Abdimas PeKA, 6(2), 114–129. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/peka.v6i2.4960
Tulipa, D., Roida, H.Y., & Sulistyo, A.P. (2023). Peningkatan Proses Produksi, Penetapan Harga Jual Terdiversifikasi dan Promosi Batik Klampar - Kabupaten Pamekasan – Madura. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, LPPM Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Wardhana, A. (2024). Brand Management in The Digital Era – Edisi Indonesia. Eureka Media Aksara, 36 halaman,

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.