PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA BAKU BAGI SISWA KELAS IX MTS NEGERI TEBING TINGGI
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat dengan penggunaan aplikasi Quizziz dimotivasi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan sebagai penunjang untuk pembelajaran. Quizizz adalah sebuah platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan guru dan pendidik untuk membuat kuis, permainan, dan presentasi yang menarik. Aplikasi ini dirancang untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif, baik di dalam maupun di luar kelas. Minat belajar siswa yang rendah salah satunya dikarenakan tidak adanya media yang menarik di dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa bahwa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia baku itu bisa menggunakan media berupa aplikasi yang mana seperti bermain permainan tetapi isi dari permainan tersebut sebuah materi pelajaran. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di MTsN Tebing Tinggi Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi pada tanggal 16 Juli 2024. Permainan yang digunakan untuk kegiatan yaitu berupa soal soal bahasa Indonesia baku. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yaitu siswa merasa senang belajar dengan penggunaan aplikasi Quizizz dan pemahaman siswa terhadap bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Sekolah merasa senang dengan adanya kegiatan ini dan sebagai motivasi untuk para guru untuk membuat media yang menarik untuk pembelajaran baik bahasa Indonesia maupun pelajaran lainnya.
Downloads
References
Dewi, A. D. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Geogebra pada Pembelajaran Matematika. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1).
Effend, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Gulo, W. (1981). Dasar- dasar Statistika Sosial. Semarang: Satya Wacana.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e_learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Pedoman Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Padang, T. F., & Devianty, R. (2024). Analisis Kesalahan Bahasa Gaul Dalam Bahasa. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (5), 70–79.
Raharjo, S. B. (2014). Kontribusi delapan standar nasional pendidikan terhadap pencapaian prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 470–482.
Rahayu, M. (2007). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Grasindo.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.