PEMBERDAYAAN GENDER MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MAN 1 MAGETAN, JAWA TIMUR

  • Sumarno Sumarno Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris
  • Riska Dwi Agustin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris

Abstract

Dalam pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai proses pemberdayaan gender baik laki-laki maupun perempuan, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi mengenai kesetaraan dan keadilan gender. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dan siswi MAN 1 Magetan dalam menggunakan teknologi informasi, khususnya website, sebagai sarana untuk mengakses dan membagikan informasi mengenai kesetaraan gender. Metode yang dilaksankan meliputi tahap persiapan yang terdiri dari analisis kebutuhan meliputi observasi, penyebaran quisioner, wawancara, diskusi kepada guru dan siswa dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan meliputi pelakasanaan seminar, focus group discussion (FGD) dan pelatihan pemanfaatan komputer serta pre tes dan post tes pada saat pelaksanaan. Penyusunan pelaporan merupakan salah satu bentuk evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan dalam pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi. Ini dapat dilihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test, di mana 32% siswa awalnya setuju bahwa perempuan kurang memahami teknologi, namun setelah kegiatan, angka tersebut menurun menjadi 2%. Selain itu, terdapat peningkatan pengetahuan siswa mengenai pemanfaatan teknologi informasi, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam membuat website sebagai media untuk sosialisasi dan berbagi informasi mengenai kesetaraan serta keadilan gender.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freire, Paulo. (2011). Pendidikan Kaum Tertindas. 7th ed. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Handayani, S. (2008). Christina dan Ardhian Novianto. Kuasa Wanita Jawa.
Hefni, W. (2020). Moderasi beragama dalam ruang digital: Studi pengarusutamaan moderasi beragama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1-22.
Izzad, R. (2018). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam: Studi terhadap Pemikiran Hermeneutika Muhammad Syahrur. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur'an, 4(1), 29-52.
Karim, Djamaludin. (2004). Pemimpin Wanita Madura. Surabaya: Penerbit Papyrus.
Lexy J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marhumah, E. (2011). Konstruksi sosial gender di pesantren; Studi kuasa kiai atas wacana perempuan. Lkis Pelangi Aksara.
Mulia, S. M., & Anwar, M. (2001). Keadilan dan kesetaraan jender (Perspektif Islam). Tim Pemberdayaan perempuan bidang agama Departemen agama RI.
P. Reason, and H. Bradbury. (2008). The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice, California: Sage.
Sandu, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 3.
Sirry, M. I. (2018). Islam Revisionis: Kontestasi Islam Zaman Radikal. Yogyakarta: UIN Suka Press.
ugihastuti, I. H. S., & Septiawan, H. (2007). Gender & Inferioritas Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (ke-25.). Bandung: ALFABETA cv.
Sutrisno, Edy. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Isla 12, no. 1:2.
Published
2025-04-30
How to Cite
SUMARNO, Sumarno; AGUSTIN, Riska Dwi. PEMBERDAYAAN GENDER MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MAN 1 MAGETAN, JAWA TIMUR. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 34-48, apr. 2025. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/5298>. Date accessed: 11 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v9i1.5298.