SOSIALISASI STOP BULLYING OLEH MAHASISWA KKN: MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 022 KEMBANG MEKAR SARI
Abstract
Program sosialisasi “Stop Bullying†yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Riau di SDN 022 Kembang Mekar Sari bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang perilaku bullying. Kegiatan ini dilakukan melalui penyuluhan yang mencakup penyuluhan mengenai definisi, jenis, dampak, serta cara pencegahan bullying yang dapat dilakukan oleh siswa, guru, dan orang tua. Penyuluhan disampaikan melalui metode interaktif seperti tanya jawab dan mind mapping guna memperkuat pemahaman siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying, yang ditandai dengan kemampuan mereka dalam mengenali dan mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah. Poster-poster anti-bullying yang ditempelkan di setiap kelas berguna sebagai pengingat visual yang berkelanjutan, bahwa siswa terus diingatkan akan pentingnya menghormati sesama dan mencegah tindakan bullying. Secara keseluruhan program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung perkembangan psikologis siswa.
Downloads
References
Khotmi, N., Iqbal, M. A., & Hartini, H. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Di Lingkungan Sekolah SDN 1 Songak. 2(3), 15–21. https://doi.org/10.62383/fundamentum.v2i3.271
Maeyangsari, D., dkk. (2024). Penyuluhan Bertema “Stop Bullying! Jadilah Teman, Bukan Lawan†di SMP Negeri 2 Kepanjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5). https://doi.org/10.62017/jpmi.
Nadia, D. O., Suhaili, N., & Irdamurni. (2023). Peran Interaksi Sosial Dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 08(1), 2727–2738.
Nasution, S. I., & Wintasari, A. (2024). PROGRAM ANTI BULLYING SEBAGAI PENERAPAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 18 NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(7), 2657-2664. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2657-2664
Nduru, M. P., Novianti, C., & Mingge, E. A. M. (2024). Pendampingan Pengabdian Sosialisasi Stop Bullying Sebagai Sarana Pembinaan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V SDI Onekore 5. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 115–119. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1164
Relawan, S. (2024). Kasus Bullying di Sekolah Meningkat, KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023
Savero, J. E., Pebriyanti, E., Apriliana, E., Jailani, M. A., & Pancawati, R. (2024). Sosialisasi Pencegahan Bullying Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Desa Netampin Kabupaten Barito Timur. Diteksi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 2(1), 27-34. https://doi.org/10.36873/diteksi.v2i1.13569
Wulandari, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Rasa Toleransi Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 981–987. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2846784&val=13953&title=Peran%20Pendidikan%20Kewarganegaraan%20dalam%20Mengembangkan%20Rasa%20Toleransi%20di%20Kalangan%20Siswa%20Sekolah%20Dasar
Yudhistira, F.A., (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan Kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Hukum. Krepa:Kreativitas Pada Abdimas, 2(12). https://doi.org/10.8765/krepa.v2i12.4690.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.