UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU KOTA MATARAM
Abstract
Kurangnya keterampilan para pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi menjadi masalah utama para guru Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat selaku mitra kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim PKM Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan pelatihan ini dilakukan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra tentang pembuatan video interaktif, tetapi juga mengasah kemampuan editing video menggunakan aplikasi Fimora dengan menarik. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pelatihan ini diawali dengan koordinasi dengan mitra, penyusunan modul pelatihan, kegiatan pelatihan, pendampingan dan review hasil hingga evaluasi dan refleksi. Dari kegiatan ini, diketahui bahwa sejumlah 61.9% peserta menyatakan setuju dan 33.3% sangat setuju bahwa kegiatan pelatihan bisa mengembangakan keterampilan peserta dalam pembuatan video pembelajaran interaktif. Kesuksesan pelatihan ini berimplikasi pada berkembanganya kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran yang efektif dan bisa menjadi referensi guna meningkatkan kualitas para pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran. Mayoritas peserta mengharapkan adanya kegiatan lanjutan berupa pelatihan pembuatan desain pembelajaran, hal ini bisa dijadikan opsi kegiatan lanjutan.
Downloads
References
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 5(2 SE-Articles), 124–132.
Celli, L. M. (2019). 21st Century Technology Influences On Pedagogy And Learning Styles’ Research. People: International Journal of Social Sciences, 5(2 SE-Articles), 720–728.
Dahlan, M. M., Surina, N., Halim, A., Kamarudin, N. S., Syazana, F., & Ahmad, Z. (2023). Exploring interactive video learning : Techniques , applications , and pedagogical insights. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(12), 220–230.
Dewi, R., Sutarba, M. U., Unidah, U., Rahmi, S. U., & Hadiansyah, Y. (2022). Pemanfaatan media video interaktif dalam pengembangan lebih lanjut hasil belajar siswa pada materi pencemaran alam di sekolah menengah pertama. Educatio, 17(1 SE-), 70–76.
Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan ( Daring ) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19–30.
Gautam, K. K., & Agarwal, R. (2023). The New Generation Teacher : Teacher as a Facilitator. International Journal Of Creative Research Thoughts - Ijcrt, 11(7), 866–871.
Imelda Saluza, Dewi Sartika, Indah Permata Sari, & Yosef Yulius. (2022). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Dan Editing Menggunakan Video Editor . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6 SE-Articles), 1578–1584.
Iskandar, A. M., Jalal, J., Amir, A., Kasim, H., Reski Salemuddin, M., & Sriwahyuni, S. (2023). Application Of Wondershare Filmora Interactive Mulitimedia Learning To Improve Sociology Leraning Outcomes For Students At State SMA 10 Gowa. International Journal of Educational Research & Social Sciences , 4(6 SE-Articles), 962–968.
Kamalia, P. U., Kurniawan, R. Y., Dewi, R. M., & Pamungkas, H. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Anyflip Untuk Penyusunan E-Book Bagi Guru Mgmp Ekonomi Kabupaten Bangkalan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4, 912–917.
Kamalia, P. U., Kurniawan, R. Y., Prakoso, A. F., Ghofur, M. A., & Ginanjar, A. E. (2023). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Hots Pada Kurikulum Merdeka Bagi Guru Ekonomi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4).
Kristiawan, M., & Muhaimin, M. (2019). Teachers’ Obstacles in Utilizing Information and Communication Technology. International Journal of Educational Review, 1(2 SE-Articles), 56–61.
Lubis, D. E. (2023). Pedagogical Ability Of Islamic Religious Education Teachers In Using Learning Media. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 454–468.
Mahdian, M., Saadi, P., Misbah, M., Maulina, D., Nadia, N., Maulana, A. E., & Karina, J. (2023). Pelatihan Aplikasi Filmora sebagai Editing Tools untuk Video Bermuatan Lingkungan Lahan Basah Bagi Guru MGMP Kimia Kabupaten Hulu Sungai Utara. Carmin: Journal of Community Service, 3(1 SE-Articles), 29–35.
Oktaria, S. D., Destiani, Habibi, R. K., profitha, nindy, Nuraini, S., Hermawan, J. S., & Hariyanto. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio Visual Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(02 SE-Articles).
Pardede, O. P. G., & Khairunnisa. (2024). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(04), 21535–21540.
Ploetzner, R. (2024). The effectiveness of enhanced interaction features in educational videos: a meta-analysis. Interactive Learning Environments, 32(5), 1597–1612. Routledge.
Subagia, I. W. (2020). Roles Model Of Teachers In Facilitating Students Learning Viewed From Constructivist Theories Of Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 12051. IOP Publishing. Retrieved from https://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012051
Thohir, M. A., Ahdhianto, E., Mas’ula, S., Putra, Y. D., & Yanti, F. A. (2022). Primary School Teachers’ Motivation and Creativity in Creating Instructional Video: A Case Study. Proceedings - International Conference on Education and Technology, ICET (Vol. 2022-October, pp. 59–64).
Woods, P. J., & Copur-Gencturk, Y. (2024). Examining the role of student-centered versus teacher-centered pedagogical approaches to self-directed learning through teaching. Teaching and Teache

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.