PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DI RW 02 RT 02 KELURAHAN KEJAWAN PUTIH TAMBAK SURABAYA

  • Selfi Nasrul Rosydha UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Safna Humayrah Karfen UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Mila Aminah Ramadhani UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Mutiara Alyzza Bilqis UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Basroh Saepul Mubarok UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Leily Suci Rahmatin Suci Rahmatin UPN “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan mendukung pengembangan UMKM di RW 02 RT 02 Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Surabaya, melalui peningkatan kualitas kemasan produk. Kegiatan ini melibatkan berbagai tahapan, seperti survei awal, identifikasi permasalahan kemasan, konsultasi dengan pelaku UMKM, pendampingan intensif dalam proses desain dan implementasi kemasan baru, serta evaluasi hasil. UMKM yang terlibat dalam program ini, termasuk Rempeyek Bu Sri, Jamu Sinom Bu Nur, dan Kue Lumpur Bu Dila, mendapat manfaat dari perbaikan kemasan menggunakan standing pouch, botol berlabel informatif, dan cup dengan tutup. Melalui pendampingan ini, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya tarik produk, nilai jual, serta daya saing di pasar.

Downloads

References

Agustin, D., & Wulandari, S. (2021). Modul Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan produk Olahan bandeng.
Agustina, W., Indonesia, L. I. P., & No, J. K. T. (2011). Teknologi Pengemasan, Desain, dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Subang.
Faris, A., & Nugraha, N. D. (2019). Perancangan Identitas Dan Kemasan Klintang Klinting Sebagai Oleh-Oleh Khas Kabupaten Semarang. Proceedings Of Art & Design, 6(2).
Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Al Bahriyyah, H. (2024). Perancangan Kemasan Sebagai Identitas dan Promosi pada UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2019-2031.
Pratiwi, D. (2020). Penggunaan Bahan Kemasan yang Ramah Lingkungan pada Produk UMKM. Jurnal Inovasi dan Teknologi, 9(1), 33-40.
Rahayu, S. (2019). Pengaruh Desain Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(3), 45-53.
Saptadi, R. (2018). Desain Kemasan Produk UMKM sebagai Alat Pemasaran yang Efektif. Jurnal Desain dan Inovasi, 5(2), 112-119
Published
2024-12-29
How to Cite
ROSYDHA, Selfi Nasrul et al. PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DI RW 02 RT 02 KELURAHAN KEJAWAN PUTIH TAMBAK SURABAYA. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 346-356, dec. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/5142>. Date accessed: 11 june 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i2.5142.