IMPLEMENTASI PROGRAM SINAU BARENG TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELURAHAN KEJAWAN PUTIH TAMBAK SURABAYA
Abstract
Pendidikan di usia dini, khususnya di tingkat PAUD dan SD, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak. Kegiatan sinau bareng menjadi salah satu solusi yang efektif. Sinau bareng tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dari mahasiswa kepada anak-anak, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan dari mahasiswa. Kegiatan sinau bareng memiliki sejumlah alasan positif, di antaranya adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif, mahasiswa dapat memperkenalkan berbagai metode belajar yang menarik, seperti permainan edukatif dan aktivitas kelompok. Artikel ini mendeskripsikan implementasi program "Sinau Bareng" di Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Surabaya, serta menganalisis dampaknya terhadap minat belajar siswa. Pelaksanaan program ini melibatkan anak - anak yang berada di kawasan tersebut dan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa minat belajar bersama cukup besar.
Downloads
References
Rozzaq, GA. Shabir, SMA. Syach, MU. Susanto, MZ. Rahmawati, AD. Zahra, AV. Ningrum, D. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Indopedia, 1(2), 377–388.
Semiawan, C. R. . (2007). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Kencana.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.