PENYULUHAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) SISWA SMP DI MINAHASA UTARA

  • F. Ari Anggraini Sebayang Universitas Sam Ratulangi
  • Rosalina Rolany Rambing Universitas Sam Ratulangi
  • Yulianty Sanggelorang Universitas Sam Ratulangi
  • Ester Candrawati Musa Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Kemajuan teknologi digital dan internet telah memberi manfaat yang besar bagi siswa untuk mencari sumber belajar yang murah dan beragam untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam berbagai bidang ilmu. Salah strategi yang dapat meningkatkan penggunaan siswa dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah dengan meningkatkan literasi digital siswa. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa remaja di SMP Advent Getsemani Wineru dan MTs Biharul Ulum, Kabupaten Minahasa Utara, terutama dalam peningkatan pembelajaran aktif dan mandiri sebagai salah satu langkah peningkatan kecakapan hidup (life skills). Peserta kegiatan ini meliputi siswa SMP Advent Getsemani Wineru dan MTs Biharul Ulum. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab untuk mendapatkan umpan balik dari siswa Pelaksanaan kegiatan PKM memberikan kontribusi yang positif dan signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya literasi digital dan pemanfaatan teknologi digital dan internet yang optimal dalam memfasilitasi pembelajaran. Peningkatan literasi digital dalam peningkatan kemampuan belajar siswa pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas siswa sebagai sumber daya manusia di masa mendatang.

Downloads

References

Badan Pusat Statistik Minahasa Utara. (2023). Statistik Daerah Minahasa Utara 2023. https://palembangkota.bps.go.id
Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106.
Helsper, E. J. (2011). The social dynamics of information and communication technology. In Information, Communication & Society (Issue February 2011, pp. 295–297). https://doi.org/10.1080/1369118x.2010.539245
Iordache, C., Mariën, I., & Baelden, D. (2017). Developing digital skills and competences: A quick-scan analysis of 13 digital literacy models. Italian Journal of Sociology of Education, 9(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2017-1-2
Kaeophanuek, S., Jaitip, N.-S., & Nilsook, P. (2018). How to Enhance Digital Literacy Skills among Information Sciences Students. International Journal of Information and Education Technology, 8(4), 292–297. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.4.1050
Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397
Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291
Syamiya, E. N., Latuconsina, H., Murdy, K., & Rahmah, A. (2023). Pengaruh Upah Minimum , Tingkat Pendidikan dan Literasi Digital Terhadap Pengangguran Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. 6(4), 495–507.
Published
2024-12-31
How to Cite
SEBAYANG, F. Ari Anggraini et al. PENYULUHAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) SISWA SMP DI MINAHASA UTARA. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 583-591, dec. 2024. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/4813>. Date accessed: 10 june 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i2.4813.