Pelatihan Pengelolaan Kelas Menyenangkan Berdasarkan Gender di Kelas Matematika Pondok Pesantren Fathus Salafi

  • Ida Fitriana Ambarsari STKIP PGRI Situbondo
  • Nur Hasanah STKIP PGRI Situbondo
  • Irma Noervadila STKIP PGRI Situbondo
  • Sitti Aisyah STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Saat ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam memahami dan berpikir lebih luas terhadap permasalahan-permasalahan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang beranggapan hal tersebut sulit terutama untuk mata pelajaran matematika. Sementara, masing-masing siswa memiliki kebutuhan dalam belajar yang berbeda. Guru memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, namun masing-masing memiliki strategi dan teknik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini terlihat lebih jelas saat guru perempuan dan guru laki-laki saat melaksanakan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pelatihan ini bagi mahasiswa pendidikan untuk mempersiapkan diri agar memiliki kemampuan dalam pengelolaan kelas yang menyenangkan berdasarkan gender, khusunya kelas matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan pengelolaan kelas menyenangkan berdasarkan gender, dimana sasarannya adalah mahasiswa semester II program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Situbondo dan praktik langsung di kelas matematika pondok pesantren fathus salafi. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah perkenalan tentang maksud dan tujuan kegiatan, dilanjutkan dengan metode ekspositori yaitu penyampaian materi serta praktik langsung dan ditutup dengan evaluasi kegiatan (assesment) dan pemberian hadiah untuk siswa. Lebih lanjut, hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dihilat dari beberapa kriteria, yaitu ketercapaian target jumlah peserta pengabdian, ketercapaian tujuan pengabdian, dan kemampuan peserta dalam memahami materi dan kebermanfaatan kegiatan PkM. Berdasarkan hasil dari beberapa kriteria tersebut diketahui bahwa seluruh kriteria tercapai dengan hasil yang sangat baik.

Downloads

References

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Aisy, D. R., Farida, & Andriani, S. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE DENGAN PENDEKATAN SAITIFIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL ( SPLDV ), 8(1), 61–71.

Goleman, D. (2004). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional).

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Mukhlis, M., Dafik, & Hobri. (2018). Student Critical thinking in Solving Two Dimensional Armetics Problems Based on 21th Century Skills, 5(4), 19–30.

Nurhalisah, N. (2010). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Rachman, M. P., & Tjalla, A. (2008). Keterampilan pengelolaan kelas dilihat dari jenis kelamin dan kecerdasan emosi guru sekolah luar biasa, 2(1), 1–7.
Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar.

Sudiarta, N., Marhaeni, A., & Suhandana, A. (2013). KONTRIBUSI TINGKAT INTELEGENSI, NILAI UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP, MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 AMLAPURA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013, 4.

Sukarani, N. M., & Bella, C. (2022). Sejarah Aritmatika : Manfaat Pembelajaran, 2(1), 1–8.

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 1(1), 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Usman, M. U. (2003). Menjadi Guru Profesional.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA, 5(1), 46–57.

Zulhidah, Z., Yasnel, Y., Syafrida, S., & Herlinda, F. (2023). Disiplin siswa dalam belajar bahasa Inggris ; analisis gender dan jurusan di madrasah aliyah, 9(1), 26–33.
Published
2023-12-03
How to Cite
AMBARSARI, Ida Fitriana et al. Pelatihan Pengelolaan Kelas Menyenangkan Berdasarkan Gender di Kelas Matematika Pondok Pesantren Fathus Salafi. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 480-490, dec. 2023. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/3819>. Date accessed: 22 june 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v7i2.3819.