OPTIMALISASI PUBLIKASI KARYA ILMIAH MELALUI OBJEK DIGITAL AKTIVASI DOI (DIGITAL OBJECT IDENTIFIER) DI UNIVERSITAS PMG JAWA TIMUR
Abstract
Kegiatan Implementasi Aktivasi Digital Object Identifier (DOI) dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengidentifikasian objek digital yang tersistem untuk setiap artikel yang diterbitan oleh jurnal di lingkungan Universitas PMG yang teregistrasi dalam bentuk DOI. Sehingga memiliki identitas yang unik dan setiap artikel bisa terhubung dalam link of citattion. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mempermudah mengenali metadata pengelolaan sumber daya digital terutama hak cipta dan kekayaan intelektual (KI) pada artikel jurnal serta sebagai salah satu syarat untuk akreditasi jurnal ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari secara luring di Universitas PMG. Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan langsung mengimplementasikan aktifasi DOI pada operating journal system (OJS) disetiap pengelola jurnal serta membagikan pre test dan post test untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan ini melalui google form. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi penulis dan pengelola jurnal agar mudah teridentifikasi originalitas karya ilmiah tersebut dan membantu pengelolaan sumber daya digital dalam bentuk teks. Oleh karena itu, kegiatan ini juga membantu mengoptimalkan fungsi sistem jurnal sebagai salah satu persyaratan jurnal terakreditasi.
Downloads
References
Kemendiknas. (2010). Permendiknas No.17 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.
Kemenristekdikti. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah (2018).
Dorman, D. (2002). To identify an online object, just DOI it. American Libraries, 33(10), 68–69.
Cameron, R. D. (2006). Towards universal serial item names. Journal of Digital Information, 1(3).
Walter, M. (2001). E-book Project Highlights Role of DOI in Selling Digital Content. Seybold Report, Analyzing Publishing Technologies.
Haris Abdul, H. M. Y. (2020, September). View of Sosialisasi Dan Pelatihan Proses Pembuatan Serat Abaca Dari Pohon Pisang Abaca Di Kabupaten Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara. DINAMISIA. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4737/2317
Hermanto, S. E. , C. (n.d.). Faktor Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas & Kepuasan Pelanggan.
NUK. Devi. (2021). CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY PT. PLTU PAITON PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 10(2), 143–152. https://doi.org/10.33366/JISIP.V10I2.2288
NUK. Devi, Kartika Dewi, J., Malik Al Gazali Sayyidi, A., & Anam, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Ekonomi Kreatif Produk Abon Bawang Goreng Desa Randupitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. 7(3), 352–359. https://doi.org/10.36312/linov.v7i3.832
Yullyta Widiastuti, & Saiful bahri, H. (2020). Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo. RELASI : JURNAL EKONOMI, 16(2), 338–404. https://doi.org/10.31967/RELASI.V16I2.368

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.