HOME INDUSTRI BIOPELLET DARI KULIT KOPI UNTUK MEWUJUDKAN ENERGI MANDIRI PADA SENTRA PERKEBUNAN KOPI IJEN BONDOWOSO

  • Soni Sisbudi Harsono Program Studi Keteknikan Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universiats Jember
  • Sutisna Sutisna Program Studi Fisika, FMIPA Universitas Jember
  • Sudaryanto Sudaryanto Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fak Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Mukhammad Fauzi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Biopellet dari kulit kopi adalah bahan bakar padat ramah lingkungan dan dapat diperbarui sehingga pemanfaatan briket bioarang sebagai bahan bakar dapat mengurangi dampak negatif dari penggunaan bahan bakar fosil atau bahan bakar konvensional. Fokus dari Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah penerapan teknologi produksi bio-pellet dengan memanfaatkan limbah kulit kopi jenis Arabica dan Robusta di kawasan perkebunan kopi rakyat Ijen, Kabupaten Bondowoso provinsi Jawa Timur pada Home Industri Usaha Tani 4 di desa Sukorejo, Bondowoso. Saat ini limbah kopi di wilayah Ijen tersebut hanya digunakan sebagai pupuk organik dengan masa tunggu enam bulan. Sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan di sekitarnya. Tujuan pertama dari PKM ini adalah menerapkan teknologi yang sudah diteliti oleh tim pelaksana  dengan memanfaatkan limbah kulit kopi yang banyak tersebar di perkebunan kopi. Tujuan kedua yaitu untuk membuka lapangan pekerjaan baru bagi pemuda desa yang berefek pada kesejahteraan petani. Tujuan ketiga adalah untuk mengurangi ketergantungan pada gas bumi dan mencegah adanya penebangan pohon setelah panen kopi berakhir.  Penerapan teknologi ini difokuskan pada konversi limbah kulit kopi menjadi biopellet dan pemasaran produksi ke pasar. Lokasi PKM ini dilakukan di Dusun Kluncing Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso yang berjarak 70 km dari Kampus UNEJ telah berjalan dengan baik dan sesuai rencana mencapai sasarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almu, M. A., Syahrul, dan Y. A. Padang, (2014), Analisa nilai kalor dan laju pembakaran pada briket campuran biji nyamplung (calophylium inophyllum) dan abu sekam padi. Dinamika Teknik Mesin. 4(2):117–122.

Budiawan, L., B. Susilo, dan H. Yusuf, (2014), Pembuatan dan karakterisasi briket bioarang dengan variasi komposisi kulit kopi. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis. 2(2):152–160

Daning, D. R. A. dan A. D. Karunia, (2018), Teknologi fermentasi menggunakan kapang trichoderma sp untuk meningkatkan kualitas nutrisi kulit kopi sebagai pakan ternak ruminansia. Agriekstensia. 17(1):70–76

Dewi, R. P., J. S. Trisma, dan S. Widodo (2021), Studi potensi limbah kulit kopi sebagai sumber energi terbarukan di wilayah jawa tengah. Journal of Mechanical Engineering. 5(1):41–45.

Harsono Soni Sisbudi, , R Dilla, Maizirwan Mel, (2019), Coffee Husk Biopellet characteristics as Solid Fuel for combustion Stove, Journal of Environmental Science Current Research

Harsono Soni Sisbudi, Prayogo, Tasliman, Maizirwan Mell, Ridha, (2018), Effect of Holes System Designing for Low Energy Stove Using Coffee Husk Bio-Pellet as Solid Fuel, Journal of Advanced Research in Fluid Mechanics and Thermal Sciences

Irmeilyana, Ngudiantoro, A. Desiani, dan D. Rodiah, (2019), Deskripsi hubungan luas areal dan produksi perkebunan kopi di indonesia menggunakan analisis bivariat dan analisis klaster. Infomedia. 4(1):21–27.

Kartika, I. S. dan P. Kristanto, (2012), Konversi penggunaan bahan bakar bensin ke bahan bakar ethanol pada motor bakar 4 langkah untuk sepeda motor. Jurnal Mechanova. 2(1):1–4.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia (2021), Luas areal kopi menurut provinsi di Indonesia , 2017-2021

Kusmiati, A. dan R. Windiarti, (2011), Analisis wilayah komoditas kopi di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 5(2):47–58.

Rifdah, N. Herawati, dan F. Dubron, (2017), Pembuatan bio-pellet dari limbah tongkol jagung pedagang jagung rebus dan rumah tangga sebagai bahan bakar energi terbarukan dengan proses karbonisasi. Jurnal Distilasi. 2(2):39–46.
Published
2022-11-29
How to Cite
HARSONO, Soni Sisbudi et al. HOME INDUSTRI BIOPELLET DARI KULIT KOPI UNTUK MEWUJUDKAN ENERGI MANDIRI PADA SENTRA PERKEBUNAN KOPI IJEN BONDOWOSO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 391-405, nov. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2489>. Date accessed: 19 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.2489.