PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1 LEMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN AKTIF

  • Roni Afriadi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Revita Yuni Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tentang pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar pada masa pademi covid-19 untuk menciptakan pembelajaran aktif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar, karena RPP merupakan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Dasar Pertimbangan Penyederhanaan RPP adalah guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga kegiatan guru lainnya terabaikan, seperti merefleksi proses pembelajaran itu sendiri. Karena kegiatan refleksi sangat penting dalam proses pembelajaran, dimana fungsi dari refleksi adalah untuk melihat tingkat keberhasilan pembelajaran saat itu, apa yang harus diperbaiki untuk kegiatan pembelajaran berikutnya yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa. Kegiatan pelatihan dilakukan di SMA Swasta HKBP Sidorame. Metode pendekatan yang diterapkan dalam pelaksanaan PKM ini yaitu metode pelatihan, praktik dan pendampingan. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan PKM ini terukur dari luaran yang dihasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar.

Downloads

References

Thamrin dkk. 2017. Bahan Ajar Rencana Pembelajaran. FE. Unimed
https://www.diaryguru.com/2017/03/komponen-komponen-rpp-ktsp.html di akses 05/05/2022

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Rati, Ni Wayan dkk. 2017. Model Pembelajaran Berbasis proyek, Kreatvitas, dan Hasil belajara Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Indonesia. P-ISSN; 2303-288X E-ISSN; 2541-7207 Vol 6. No. 1, April 2017

Maryati, Iyam. 2018. Penerapan Model Pebelajarran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah pertama. Jurnal “Musharafa”, Volume 7 Nomor 1 Januari 2018

Sari, Lisna Siti Permana dkk. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matermatika Volume 3, September 2014

https://gurubagi.com/3-komponen-rpp-satu-lembar-se-mendikbud-nomor-14-tahun-2019/ diakses 05/05/2022
Published
2022-11-07
How to Cite
AFRIADI, Roni; YUNI, Revita. PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1 LEMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN AKTIF. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 359-369, nov. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2318>. Date accessed: 09 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.2318.