PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM KERUPUK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

  • Dony Perdana Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Mochamad Choifin Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medik, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Khoirul Ngibad Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medik, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M Ario Rivaldo Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Imam Basyori Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Lukman Hakim Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Abstract

Dalam program PTDM (Produk Teknologi yang Didiseminasikan ke Masyarakat) ini, kami memilih mitra UMKM yang bergerak di bidang ekonomi produktif dalam penggorengan kerupuk upil. Permasalahan prioritas yang sudah disepakati antara tim pengusul dan mitra 1 antara lain: 1) kapasitas produksi penggorengan kerupuk yang masih rendah dikarenakan peralatan yang digunakan masih sederhana dan sudah aus, 2) mitra belum mempunyai mesin perajang kerupuk dan mesin pengering kerupuk. Adapun permasalahan prioritas mitra 2 adalah mitra memerlukan teknologi yang berupa mesin penggorengan dengan kapasitas produksi yang lebih besar dan mesin yang tidak manual sehingga bisa mengurangi penggunaan tenaga manusia. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengatasi permasalahan prioritas yang sedang dihadapi mitra 1 adalah mendiseminasikan mesin penggoreng kerupuk, mesin perajang kerupuk, mesin pengering kerupuk dan untuk mengatasi permasalahan prioritas yang sedang dihadapi mitra 2 dengan mendiseminasikan mesin pengering kerupuk.  Metode pelaksanaan program diseminasi teknologi untuk peningkatan kapasitas produksi pada UMKM kerupuk di Sidoarjo yang telah dilakukan meliputi: identifikasi kebutuhan mitra, perancangan mesin, pembuatan mesin, uji dan pendampingan operasional dan diseminasi teknologi kepada mitra. Hasil pelaksanaan program PTDM meliputi: 1) teknologi yang didiseminasikan ke mitra mesin perajang kerupuk, mesin pengering kerupuk, mesin penggoreng kerupuk.   Para mitra UMKM mempunyai dan mampu mengoperasikan mesin penggoreng kerupuk, mesin perajang kerupuk, dan mesin pengering kerupuk dalam rangka untuk peningkatan kapasitas produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripriharta, A., Taufani, A. R., Kusumaningrum, I. K., Maharani, S. N., & Firmansah, A. (2021). Penerapan IoT Pada Proses Produksi Saos Dengan Sistem Less-Contact Didukung Database-Smart App Untuk UKM Sejahtera Sentosa. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(01), 50–61.

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2020). UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA USAHA MIKRO KERUPUK SAMILER DI GONDANG, MOJOKERTO. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, (2), 63–70.

Sudarno, S., & Huriyah, H. (2018). PKM Kelompok Industri Rumah Tangga Rengginang Desa Walen Simo Boyolali. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1.

Sulastri, Y., Ibrahim, I., Ghazali, M., & Nurhayati, N. (2021). IMPLEMENTASI ALAT PENGUPAS DAN MESIN PARUT KELAPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI MINYAK KELAPA DI IKM SAKRA TIMUR. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 274–279.

Ubed, R. S., Raharjo, T., & Yudanto, A. A. (2020). Pengering Ekonomis Untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi Rengginan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 43–49.
Published
2022-03-28
How to Cite
PERDANA, Dony et al. PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM KERUPUK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 145-154, mar. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1619>. Date accessed: 17 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1619.