SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI PENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA SMP DI KABUPATEN BEKASI SELAMA PEMBELAJARAN DARI RUMAH
Abstract
Pandemi covid yang melanda dunia termasuk negara Indonesia mengibatkan perubahan dalam semua sisi kehidupan. Kondisi pandemi ini menjadi saat yang tepat bagi guru untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sesuai tuntutan guru abad 21. Kenyataan yang ditemukan berdasarkan survey dan diskusi yang dilakukan pada kabupaten Bekasi kemampuan guru dalam penerapan teknologi secara optimal belum merata. Banyak guru yang kesulitan untuk mendesain pembelajaran yang mesti berlangsung secara daring. Guru kesulitan untuk memberikan tugas yang menuntun, kesulitan menyiapkan sumber belajar yang membelajarkan sehingga kemandirian siswa dalam belajar belum terkondisikan. Solusi yang ditawarkan adalah kegiatan berupa seri webinar. Kegiatan Webinar series dilaksanakan tanggal 2-28 Agustus 2021. Peserta kegiatan adalah guru-guru IPA di Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam MGMP. Kegiatan ini menargetkan luaran berupa peningkatan pengetahuan peserta tentang sumber belajar berbasis teknologi, peningkatan literasi teknologi serta peningkatan motivasi peserta dalam pengembangan sumber belajar berbasis teknologi dapat tercapai dilihat dari hasil pretes dan postes. Ketercapaian target juga dapat terlihat dari antusias peserta saat tanya jawab dan dari contoh produk yang mereka kembangkan.
Downloads
References
Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st century teacher education. Journal of Teacher Education, 57 (3) 300-314 https://doi.org/10.1177/0022487105285962
Handarini, O.I dan S.S. Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3), 496-503 E-ISSN: 23389621 496 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Suhendri, H. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Azrai, E. P, A. Suryanda dan D.S. Rini. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Pengembangan Sumber Belajar Mandiri sebagai Sarana Belajar Siswa. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2), 53-65. http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega
Sitepu, B.P.2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta. Rajawali Press
Januszewski, A. dan Molenda, (2008). Educational Technology: A Definition with Complementary, New York: Lawrence Erlbaum Associates.
Sudarmoyo, (2018). Pemanfaatan A Plikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (4). 346-352. DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.23.
Fowlie J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. http://www.herts.ac.uk
Achmat, Z. (2005). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005/2006. Laporan Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (tidak diterbitkan).
Greenway R., (2005). Experiential Learning Cycles. https://reviewing.co.uk/research/experiential.learning.htm
Andriani, D.E. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (4) 78-92.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.