SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI PENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA SMP DI KABUPATEN BEKASI SELAMA PEMBELAJARAN DARI RUMAH

  • Eka Putri Azrai
  • Ade Suryanda State University of Jakarta
  • Daniar Setyo Rini State University of Jakarta
  • Fitria Kristanti Eka Putri State University of Jakarta
  • Nurlaela Widyasari State University of Jakarta
  • Gempa Fi Syahrurromadhan Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pandemi covid yang melanda dunia termasuk negara Indonesia mengibatkan perubahan dalam semua sisi kehidupan. Kondisi pandemi ini menjadi saat yang tepat bagi guru untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sesuai tuntutan guru abad 21. Kenyataan yang ditemukan berdasarkan survey dan diskusi yang dilakukan pada kabupaten Bekasi kemampuan guru dalam penerapan teknologi secara optimal belum merata. Banyak guru yang kesulitan untuk mendesain pembelajaran yang mesti berlangsung secara daring. Guru kesulitan untuk memberikan tugas yang menuntun, kesulitan menyiapkan sumber belajar yang membelajarkan sehingga kemandirian siswa dalam belajar belum terkondisikan. Solusi yang ditawarkan adalah kegiatan berupa seri webinar. Kegiatan Webinar series dilaksanakan tanggal 2-28 Agustus 2021. Peserta kegiatan adalah guru-guru IPA di Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam MGMP. Kegiatan ini menargetkan luaran berupa peningkatan pengetahuan peserta tentang sumber belajar berbasis teknologi, peningkatan literasi teknologi serta peningkatan motivasi peserta dalam pengembangan sumber belajar berbasis teknologi dapat tercapai dilihat dari hasil pretes dan postes. Ketercapaian target juga dapat terlihat dari antusias peserta saat tanya jawab dan dari contoh produk yang mereka kembangkan. 

Downloads

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st century teacher education. Journal of Teacher Education, 57 (3) 300-314 https://doi.org/10.1177/0022487105285962

Handarini, O.I dan S.S. Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3), 496-503 E-ISSN: 23389621 496 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Suhendri, H. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Azrai, E. P, A. Suryanda dan D.S. Rini. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Pengembangan Sumber Belajar Mandiri sebagai Sarana Belajar Siswa. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2), 53-65. http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega

Sitepu, B.P.2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta. Rajawali Press

Januszewski, A. dan Molenda, (2008). Educational Technology: A Definition with Complementary, New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Sudarmoyo, (2018). Pemanfaatan A Plikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (4). 346-352. DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.23.

Fowlie J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. http://www.herts.ac.uk

Achmat, Z. (2005). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005/2006. Laporan Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (tidak diterbitkan).

Greenway R., (2005). Experiential Learning Cycles. https://reviewing.co.uk/research/experiential.learning.htm

Andriani, D.E. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (4) 78-92.
Published
2022-10-20
How to Cite
AZRAI, Eka Putri et al. SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI PENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA SMP DI KABUPATEN BEKASI SELAMA PEMBELAJARAN DARI RUMAH. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 243-255, oct. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1315>. Date accessed: 23 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.1315.