STRATEGI PEMASARAN DENGAN TEKNIK ANALISIS SWOT UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA RENGGINANG IBU IMAM DESA TENGGIR BARAT, KECAMATAN PANJI, KABUPATEN SITUBONDO

  • Muhammad Iqbal Anshory Universitas abdurachman saleh Situbondo
  • Yudha Praja Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mohammad Imam A.G Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Maulana Febri A Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Rengginang merupakan salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan dan umumnya berbentuk lingkaran dengan ukuran tertentu. Ada beberapa macam variasi rengginang dengan cara pembuatan yang berbeda terutama pada segi bumbu, bentuk, dan ukurannya. Kabupaten Situbondo adalah kabupaten yang sedang berkembang salah satunya di bidang UMKM, di Kabupaten Situbondo ini banyak masyarakat yang memiliki usaha salah satunya dibidang produksi rengginang. Akan tetapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih banyak mengalami kendala diantaranya ialah keterbatasan akses terhadap sumberdaya produktif, keterbatasan kapasitas produksi dan spesifikasi produk. Hasil analisis SWOT meghasilkan beberapa alternatif strategi yang bisa dipilih oleh perusahaan yaitu: 1) Meningkatkan kualitas produk guna meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen. 2) Menciptakan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru. 3) Melakukan promosi dan iklan guna menarik pelanggan. 4) Menjalin kerja sama dengan agen distributor.

Published
2025-07-16
How to Cite
ANSHORY, Muhammad Iqbal et al. STRATEGI PEMASARAN DENGAN TEKNIK ANALISIS SWOT UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA RENGGINANG IBU IMAM DESA TENGGIR BARAT, KECAMATAN PANJI, KABUPATEN SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 237-252, july 2025. ISSN 0215-1030. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/6550>. Date accessed: 20 nov. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/growth-journal.v23i1.6550.
Section
Articles