UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS II SD NEGERI 1 PAGEDONGAN BANJARNEGARA

  • Nur Indah Lestari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas II SD Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik adalah 69,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,17%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,95%. Model PMRI terbukti mampu membuat pembelajaran lebih kontekstual, menyenangkan, dan memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PMRI efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas II sekolah dasar.

References

Akhiruddin, dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Amronah, S. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika Melalui Pendekatan Pmri Di Kelas V Sd Wiyoro Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 485–498.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya
Departemen Pendidikan Nasional. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor, 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Djamarah, Syaiful Bahri., & Aswan Zain. (2022). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Endry, R. Z., Septiarini, D. A. P., & Zuliana, E. (2025). PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20(1), 1727-1735.
Febriyani, A., A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100
Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal: A mathematician on didactics and curriculum theory. Journal of Curriculum Studies, 32(6), 777–796
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip
Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Mendikbudristek. 2022. Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Mendikbudristek.
Muryaningsih, S. (2020). A Increased Curiosity Attitudes and Mathematics Learning Achievement Through the Realistic Mathematics Learning Model (PMR) in Elementary Schools. Cendekiawan, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.166
Praseptiawan, M., Sujana, D., & Djuanda, M. (2018). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) STKIP Setiabudhi Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Mahasiswa. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 141–146.
Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679
Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran matematika Realistik. Mataram: Reka Karya Amerta
Rachmasari, D. H., Novatona, V., Atmojo, I. R. W., & Kurniasari, L. (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan PMRI. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 4, pp. 596-603).
Resty Panginan, V., & Susianti, S. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.7
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. IndoMS Journal on Mathematics Education, 1(1), 11–16.
Setiawan. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi
Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika, dalam MES (Journal of Mathematics Education and Science) Jakarta: CV. Rajawali.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887-894.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Van den Heuvel-Panhuizen, M. (1996). Assessment and Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.
Widayanti, L., & Widodo. (2013). Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Fisika Indonesia, XVII(April), 32–35.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193.
Published
2025-07-17
How to Cite
LESTARI, Nur Indah; MURYANINGSIH, Sri. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS II SD NEGERI 1 PAGEDONGAN BANJARNEGARA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1023-1035, july 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6847>. Date accessed: 27 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6847.