PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NURUL JADID KEC. BOTOLINGGO KAB. BONDOWOSO TAHUN 2024
Abstract
Observasi di MTs Nurul Jadid menunjukkan masih banyak permasalahan pada kinerja pembelajaran guru, Sebagian guru tidak melakukan persiapan pembelajaran sebelum kelas dan kinerja pembelajaran guru yang kurang optimal. Metode pembelajaran yang berbeda. Teknik pengumpulan data yang diunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan supervise terhadap kinerja guru di MTs Nurul Jadid Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai signifikasi gaya kepemimpinan >0,05 yang artinya variable gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja guru. Nilai kepentingan variabel utama dipantau adalah <0,05 maka terdapat pengaruh variabel supervise kepala sekolah terhadap variabel kinerja guru. Secara ringkas pengaruh kedua variabel, dipertimbangkan signifikan p-value. Jika nilainya kurang dari 0,05 (p-value <0,05), mska kedua variabel mempunyai pengarug signifikan.
References
Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05 No. 09, 41-62
Ali, S. N., Harun, C. Z., & Djailani. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 116-127.
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh pengawasan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160-164.
Astriyani, N., Akbar, G. G., & Masripah, M. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut). Khazanah Akademia, 8(01), 36-50.
Aziz, N., & Putra, S. D. (2022). Pengaruh Gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru pada sd kartika 1-11 Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 1276-1284.
Diana, R., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan dan kinerja guru terhadap mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 769-777.
Fadilah, M. I., Setyawati, N. W., & Maulia, I. R. (2023). Dampak Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri
8 Tambun Selatan. Jurnal Economina, 2(11), 3315–3327. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.974.
Fitriyani, F. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam MeningkatkanKinerja Guru Pendidikan Agama Islam. El-Ghiroh, XV(01).https://media.neliti.com/media/publications/294819-efektivitas- pelaksanaan-supervisi-kepala-0e4a6c9e.pdf
Fitriyani, F. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatka Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. El-Ghiroh, XV(01).https://media.neliti.com/media/publications/294819-efektivitas- pelaksanaan-supervisi-kepala-0e4a6c9e.pdf
Goleman, D. (1995), Emotional lntelligence, NewYork, Bantam
Grava, J., & Pole, V. (2021). The Promotion of Self-Directed Learning in Pre- School: Reflection on Teachers' Professional Practice. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2336-2352.
Gun Gun Gunanjar dkk (2019) Pengawasan Dengan Partisipasi Masyarakat Dan Penerapannya Di Indonesia ‘Jurnal Pengawasan’, 1(1), pp. 18–28.
Handayaningrat, S., 1994, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, CV. Haji Masagung, Jakarta.
Harnby, A.S. (1990). Oxford Edvanced Dictionary of English. London: Oxford University Press.
Hasbullah (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja Guru. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(03), 71- 80.
Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herawati, H., & Mutiawati, M. (2019). Dilematika Sistem Pendidikan Di Indonesia.
Journal Of Education Science, 5(2), 38-53.
Imah, C. (2018). Pengaruh Supervisi Kepal Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1(2), 65–77.
Ithri, F. N., & Cahyono, H. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Islami terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk.(Bank Jatim Syariah) Kantor Cabang Surabaya. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 1(2), 79-87.
Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 146-153.
JP, Syahri. Handrik. (2021). Tugas Dinas Pendidikan Dan Dinas Pemuda Dan Olahraga Dalam Melakukan Pembinaan Dan Pengembangan Dan Pelestarian Olahraga Tradisional Asli Kuantan Singingi Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2019 (Di Desa Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).