PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BAKSO AREMA CERMEE KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2024

  • Mathori Mathori STKIP PGRI SITUBONDO
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI SITUBONDO
  • Ahmad Hafas Rasyidi STKIP PGRI SITUBONDO

Abstract

Salah satu bisnis yang berkembang pesat dan merasakan ketatnya persaingan saat ini adalah bisnis dalam bidang makanan atau dikenal dengan istilah kuliner. Persaingan yang semakin ketat tersebut ditandai dengan banyaknya bisnis dalam bidang kuliner yang menghasilkan produk dengan jenis yang sama akan tetapi harga dan pelayanan beraneka ragam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui angket yang diisi oleh 100 responden. Berdasarkan hasil uji simultan pada tabel di atas diperoleh nilai F hitung sebesar (17.777) > F tabel (3,09) dengan nilai signifikan sebesar < 0,001 artinya < 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel independen yaitu pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (YUntuk mengetahui ada tidaknya varabel X terhadap Y dapat diketahui dari nilai t hitung > t tabel. Nilai product moment pada df = n-k-1 (dimana n adalah jumlah data dan k adalah jumlah variabel), df = 100-2-1 = 97 tingkat kesalahan 5% adalah sebesar 1,984.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto, & Ismanto, S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava
Media.
Sunyoto. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS.
Ghozali, I. (2014). Struktural Equation Modeling. Semarang: Universitas Diponegoro: Seri Pustaka Kunci.
Kasmir, S. E. (2018). Pemasaran Bank. Prenada Media.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Harlow: Pearson Education.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa (Edisi 7). Jakarta:
Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
MacFarlan, D. A. B., Hasibuan, F., & Grant-Mackie, J. A. (2011). Mesozoic brachiopods of Misool archipelago, eastern Indonesia. Memoirs of the Association of Australasian Palaeontologists, (41), 149-177.
Nugroho, D. S., & Saryanti, E. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen di bakso dan mie ayam pak kumis wonogiri. Kelola, 6(2), 73-87.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2013). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F. (2015). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-3). Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik (Edisi 3). Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: CV Andi.
Published
2025-06-24
How to Cite
MATHORI, Mathori; DASSUCIK, Dassucik; RASYIDI, Ahmad Hafas. PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BAKSO AREMA CERMEE KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2024. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 955-971, june 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6605>. Date accessed: 18 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6605.