KESULITAN BELAJAR SISWA SD KELAS III DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Kesulitan belajar merupakan hambatan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, yang mengakibatkan mereka tidak dapat belajar secara maksimal. Salah satu bentuk kesulitan belajar yang umum dialami siswa adalah bidang berhitung. Operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian merupakan keterampilan yang harus dikuasi oleh setiap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, karena pendekatan ini mampu memberikan gambaran mendalam mengenai suatu permasalahan tertentu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri 2 Susukan. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa kesulitan berhitung merupakan masalah yang paling sering dialami siswa. Adapun kesulitan yang dimaksud meliputi masalah dalam memahami operasi perkalian, baik perkalian bilangan dua angka maupun perkalian bersusun, baik pendek maupun panjang. Sedangkan pembagian siswa mengalami kesulitan dalam pembagian menggunakan porogapet sehingga membuat siswanya cenderung merasa bosan. Terdapat beberapa hal yang menjadi penghambat dalam pembelajaran matematika berkaitan dengan operasi hitung. Tingkat keterlibatan orang tua dalam mengawasi anak bervariasi. Siswa kelas III mengalami kesulitan dalam perkalian dan pembagian, khususnya dalam memahami konsep dasar dari kedua operasi tersebut.
References
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), Vol.1 No.1, 25–37.
Fahrurrozi dan Hamdi. (2017). “Metode Pembelajaran Matematika”. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Masroza, F. (2018). Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1 No. 1.
Mendikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.
Widiani, Y. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39–45.
Widyasari, Meter dan Negara. (2015). Analisis KesulitanKesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting SeKabupaten Gianyar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3 No.1, 1-11
Yayuk, Erna. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.