PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK CROSS LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS 3 SDN PINGGIRPAPAS II

  • Siti Ayu Nurul Qoyyimah STKIP PGRI Sumenep
  • Tri Sukitman STKIP PGRI SUMENEP
  • M. Ridwan M. Ridwan STKIP PGRI SUMENEP

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam mengatasi berbagai kendala yang ada khususnya pada saat proses pembelajaran matematika materi perkalian, yang mana tak sedikit permasalahan yang ditemui di bangku sekolah dasar siswa yang masih dalam kesulitan menghitung khususnya dalam perkalian.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah akan terdapat pengaruh penggunaan teknik cross line dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian di kelas 3 SDN Pinggirpapas II. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif dalam mengatasi berbagai kendala yang ada khususnya pada saat proses pembelajaran matematika materi perkalian, yang mana tak sedikit permasalahan yang ditemui di bangku sekolah dasar siswa yang masih dalam kesulitan menghitung khususnya dalam perkalian. Teknik cross line merupakan suatu cara berhitung dalam perkalian yang melibatkan garis-garis, dikatakan seperti itu karna teknik cross line dalam penggunaannya adalah mengubah simbol angka yang terdapat pada soal perkalian menjadi simbol garis. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan desain penelitian one-grub pretest-posttest. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III sekolah dasar di SDN Pinggirpapas II Kecamatan Kalianget dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan tes berupa soal isian singkat pretest-posttest. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari pelaksanaan pretest adalah 39, sedanglan nilai rata-rata yang diperoleh dari pelaksanaan posttest adalah 79. Hasil penelitian pada uji hipotesis menggunakan uji statistik paired samples test, diperoleh nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,014 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Teknik Cross Line Dapat Berpengaruh Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Di Kelas 3 SDN Pinggirpapas II.

References

Aini, K., Indraswari, N. F., & Ridwan, M. (2022). Penguatan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Bimbingan Belajar di Rumah Belajar “Rumbel Pena”. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 207-217.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arisandi, Elisa. (2014). Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian untuk Anak Diskalkulia Melalui Metode Garismatika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus [Online], Vol. 3. 480. Tersedia di : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekh u/article/view/3872
Auliya, M Fajar. (2012). Mastermatika Dahsyat. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu , 8 (1), 466-476. : https://doi.org/10.31004/basice du.v8i1.6735.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, dan Tri Sukitman. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Mi Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1, Januari 2020
Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Penerbit Bumi Aksara.
Natasya. A, Daniela, dan Wulan. (2023). “Efektifitas Penerapan Metode Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri 2 Bugel”. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol. 1 No. 3.
Rejeki dkk. (2024). “Penerapan Teknik Cross Line Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah Rambah”. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania. Vol.5 Nomor. Hal : 442- 448
Santoso, Singgih. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta : Elekmedia Computindo.
Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Penerbit Kencana: Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiratna Sujarweni, V. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Published
2025-03-20
How to Cite
QOYYIMAH, Siti Ayu Nurul; SUKITMAN, Tri; M. RIDWAN, M. Ridwan. PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK CROSS LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS 3 SDN PINGGIRPAPAS II. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 710-721, mar. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6234>. Date accessed: 05 sep. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6234.
Section
Articles