KAJIAN ANALISIS STUDI PRILAKU ORGANISASI PAUD INKLUSI DI PROVINSI JAWA TIMUR

  • Oliva Lili Wangsa Wirawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Selasi Priatiningsih Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ratnasari Dwi Ade Chandra Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku organisasi pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inklusi di Provinsi Jawa Timur dalam konteks implementasi pendidikan inklusi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini menggali dinamika internal organisasi yang memengaruhi keberhasilan pelaksanaan pendidikan inklusif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi di beberapa lembaga PAUD inklusi di wilayah seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, dan Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku organisasi sangat menentukan efektivitas layanan inklusi, khususnya melalui kepemimpinan transformasional, komunikasi organisasi yang terbuka, budaya kerja yang inklusif, serta struktur organisasi yang mendukung partisipasi semua pihak. Selain itu, kurangnya kompetensi tenaga pendidik dan minimnya dukungan eksternal masih menjadi tantangan utama dalam membangun sistem PAUD inklusif yang berkelanjutan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya transformasi budaya dan struktur organisasi dalam mengembangkan model PAUD inklusi yang adaptif terhadap keberagaman anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajerial pendidikan inklusi di tingkat pendidikan anak usia dini di Indonesia.

References

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. Garden City, NY: Anchor Books.
Booth, T., & Ainscow, M. (2011). The Index for Inclusion: Developing learning and participation in schools (Revised edition). Bristol: CSIE.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daft, R. L. (2020). Teori organisasi dan desain organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Giddens, A. (1984). The constitution of society: Outline of the theory of structuration. Berkeley: University of California Press.
Katz, D., & Kahn, R. L. (1978). The social psychology of organizations (2nd ed.). New York: Wiley.
Meyer, J. W., & Rowan, B. (1977). Institutionalized organizations: Formal structure as myth and ceremony. American Journal of Sociology, 83(2), 340–363.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Odom, S. L., et al. (2004). Early intervention practices around the world. Infants & Young Children, 17(1), 31–44.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York: International Universities Press.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Boston: Pearson.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Published
2025-07-02
How to Cite
WIRAWAN, Oliva Lili Wangsa; PRIATININGSIH, Selasi; ADE CHANDRA, Ratnasari Dwi. KAJIAN ANALISIS STUDI PRILAKU ORGANISASI PAUD INKLUSI DI PROVINSI JAWA TIMUR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 985-994, july 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5757>. Date accessed: 24 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.5757.