PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KONSELING MEMBANTU MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD ISLAM AL-ABROR TAHUN AJARAN 2024 – 2025

  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Winditiya Yuliana Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Pramita Tri Fernanda Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Annisa Berliana Putri Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat kasus nyata di sekolah terkait kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas 1. Penelitian ini dilaksanakan di SD ISLAM AL-ABROR, Kabupaten Situbondo. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas 1 guna mengidentifikasi peran guru dalam memberikan bimbingan konseling akademik kepada siswa yang mengalami hambatan membaca. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan 2 orang siswi kelas 1 yang mengalami kesulitan membaca. Guru kelas mengambil peran penting dalam menyusun dan melaksanakan program belajar membaca sebagai bentuk intervensi. Program ini merupakan kelas tambahan khusus bagi siswa atau siswi yang menghadapi kesulitan dalam membaca. Hasil dari pelaksanaan program belajar membaca menunjukkan perkembangan yang positif ditandai dengan progres siswa yang semakin hari bisa membaca karena banyak berlatih. Selain itu pendekatan terpadu dan keterlibatan orang tua dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar (Teori, Diagnosis dan Remediasinya).
Jakarta: Asdi Mahasetya.

Anugrah Rezni, V., & Safitri, S. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas VI Serta Upaya Mengatasinya. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 183–188. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9137

Barbero, C. (2022). Notes On Reading. Croatian Journal of Philosophy. https://doi.org/10.52685/cjp.22.65.8

Dealing with learning difficulties of students: A challenge for teachers. (2023). I-Manager’s Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.26634/jpsy.16.3.19081

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.

Ramadhani, M. F. (2022). Rancangan Pelayanan Bimbingan Konseling pada Abad 21. Cakrawala: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.164
Suchyadi, Y. (2022). Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 137–142. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i2.7146

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–101.
Published
2025-07-21
How to Cite
PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi et al. PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KONSELING MEMBANTU MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD ISLAM AL-ABROR TAHUN AJARAN 2024 – 2025. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 150-159, july 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/6767>. Date accessed: 20 nov. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v9i1.6767.