PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDS AL WASHLIYAH 4 MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDS Al Wasliyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta kelas IV yang berjumlah 20 siswa, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi dimana seluruh siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, test dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test objektif sebanyak 20 butir soal. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T-test. Hasil penelitian diperoleh: 1) rata-rata hasil belajar pretest sebesar dan hasil belajar Posttest sebesar. Berdasarkan analisis statistic dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 20, data berdistribusi normal dengan nilai data pretest Lhitung < Ltabel atau 0,561 > 0.05 dan posttest LHitung < Ltabel atau 0,178 > 0.05. 2). Hasil data dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh hasil 0.000 < 0.050 dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media PowerPoint pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDS Al Washliyah Medan.
References
Asnawi, Sahlan. (2007). Teori Motivasi, Studia Pres, Jakarta.
Daryono, M, dkk, (1997). Pengantar Pancasila dan Kewarganegaraan, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Mudjiono, Dimyati. (2010). Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Mudjiono dan Dimyati. (2009). Belajar dan pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Mudjiono dan Dimyati. (2010). Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nata, Abudin. (2002). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soyomukti, Nuraini. (2010). Teori-Teori Pendidikan, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.
Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar, Logos, Jakarta.
Tim Dosen Prodi PGSD UNARS. (2015), Panduan Penulisan Skripsi. Situbondo: UNARS Press Situbondo.
Uno, Hamzah, B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.