MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMK NEGERI 7 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Surabaya. Sedangkan sub-fokus penelitian meliputi: (1) apa tujuan pembelajaran bahasa Inggris di kelas unggulan SMK Negeri 7 Surabaya, (2) bagaimana pemilihan materi ajar pembelajaran bahasa Inggris; (3) bagaimana peran guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di tahun ajaran 2024/2025 pada semester gasal. Sumber data yang digunakan guru di kelas unggulan SMK Negeri 7 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pembelajarn bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Surabaya sudah cukup baik, yaitu : (1) tujuan dasar pembelajaran bahasa Inggris di kelas unggulan difokuskan pada penguasaan kompetensi komunikatif baik secara lisan maupun tulisan; (2) pemilihan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru di kelas unggulan sangat bervariasi dan sesuai dengan materi yang diberikan; (3) peran guru dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas dengan baik.
References
Anderson. Fuad Ihsan. 1989. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal. Ibrahim. 2004. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Brown H. Douglas. 2007. Teaching By Principles. An Interactive Approach to Language. Engleewoods Cliffs: Prentice Hall.
Anderson. Fuad Ihsan. 1989. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Harmer. 2003. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2004. Jakarta: Sinar Grafika.