Analisis Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Berbantu Nearpod Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sel
Abstract
Pembelajaran Abad ke-21 membawa dampak yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam biologi. Materi sel memiliki karakteristik abstrak dan rumit, sehingga diperlukan model pembelajaran yang cocok, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu nearpod terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI-5 dan X-10 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian (pretest dan posttest) sebanyak 15 butir soal dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis melalui uji Independent T-Test (Uji t’). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berbantu nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel.