Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran RADEC Berbantu Padlet Pada Materi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Abstract
Penelitian ini berfokus pada permasalahan dalam pembelajaran, yaitu rendahnya keaktifan siswa dan rendahnya motivasi belajar selama proses pembelajaran yang menyebabkan suasana kelas terlihat pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran RADEC berbantu Padlet pada materi sel hewan dan sel tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan respon siswa mencapai 73,92%, yang tergolong dalam kategori baik. Respon siswa diukur berdasarkan tiga indikator yakni respon siswa terhadap materi sel hewan dan sel tumbuhan, respon siswa terhadap penggunaan Padlet, dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran RADEC. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran RADEC berbantu Padlet pada materi sel hewan dan sel tumbuhan adalah baik.