Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang

  • Maria Krisanti Meko Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Kristoforus Djawa Djong Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Abstract

Hambatan belajar merupakan masalah yang umum dijumpai dalam suatu proses pembelajaran matematika. Hambatan belajar bisa berasal dari dalam diri peserta didik maupun dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F SMPN 8 Kupang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan tes. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses didactical design research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu prospective analysis (pra-observasi pembelajaran) metapedadidactic analysis (observasi pembelajaran) dan retrospective analysis (pasca observasi pembelajaran). Hasil penelitian ini menunjukkan dalam materi peluang terdapat hambatan ontogenik yang berkaitan dengan kesiapan mental peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika, hambatan didaktis yang berkaitan dengan penyajian materi oleh guru, dan hambatan epistemologis yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep oleh peserta didik.

Published
2024-12-30
How to Cite
MEKO, Maria Krisanti; DJONG, Kristoforus Djawa; LETON, Samuel Igo. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 717-726, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5895>. Date accessed: 02 june 2025.