Pemberdayaan UMKM Desa Puntukrejo Melalui Inovasi Produk Snack Bar Ubi Ungu Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

  • Asiva Nobel Eka Safitri Universitas Sebelas Maret
  • Diyanah Widyastuti Darmawan Universitas Sebelas Maret
  • Mila Agustin Universitas Sebelas Maret
  • Isna Kemi Ropiah Universitas Sebelas Maret
  • Manaen Sekar Cahyawati Universitas Sebelas Maret
  • Khoirun Nisa Salma Salsa Billa Universitas Sebelas Maret
  • Grecia Witara Tanti Universitas Sebelas Maret
  • Viola Margaretta Br Sitanggang Universitas Sebelas Maret
  • Eko Haryanto Universitas Sebelas Maret
  • Robert Pujangga Universitas Sebelas Maret
  • Rysca Indreswari Universitas Sebelas Maret

Abstract

Desa Puntukrejo merupakan salah satu desa penghasil ubi ungu terbesar di Karanganyar. Namun, harga jual ubi ungu yang relatif rendah memerlukan diversifikasi untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Program hibah MBKM bertujuan untuk memberdayakan UMKM Desa Puntukrejo melalui inovasi pembuatan snack bar yang berbahan dasar ubi ungu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu Participatory Rural Appraisal (PRA). Tahapan yang dilakukan oleh tim hibah MBKM mencakup persiapan kegiatan, sosialisasi terhadap mitra, pelatihan, pendampingan produksi, pemasaran, dan evaluasi. Kegiatan sosialisasi terhadap mitra dilakukan untuk memaparkan kepada para mitra terkait kegiatan MBKM yang akan dilaksanakan, mitra yang ikut serta dalam kegiatan ini yaitu ibu-ibu UMKM. Tim hibah MBKM melaksanakan pelatihan di Desa Puntukrejo yang mencakup pengenalan terhadap produk, teknik pembuatan, teknik pengemasan, dan teknik pemasaran snack bar. Pelatihan merupakan langkah awal sebelum pendampingan produksi. Dalam pendampingan produksi, pihak yang mendampingi memberikan arahan terkait proses produksi, penggunaan bahan baku yang tepat, serta penerapan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan produksi pembuatan snack bar menambah inovasi produk di Desa Puntukrejo dan mampu mengikuti tren pasar yang sedang berkembang. Strategi pemasaran yang efektif dilakukan offline maupun online untuk menarik minat konsumen dan memperluas pasar. Pemasaran yang dilakukan selama tiga minggu mengalami peningkatan omzet yang cukup signifikan.

Published
2024-12-30
How to Cite
SAFITRI, Asiva Nobel Eka et al. Pemberdayaan UMKM Desa Puntukrejo Melalui Inovasi Produk Snack Bar Ubi Ungu Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 701-710, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5894>. Date accessed: 14 june 2025.