Analisis Kesulitan Belajar Siswa Smpn 8 Kupang Kelas VIIA Pada Materi Penyajian Data

  • Wulan Nggadas Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes O. Jagom Universitas Katolik Widya Mandira
  • Wilfridus B.N. Dosinaeng Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa SMPN 8 kota Kupang kelas VIIA pada mata pelajaran penyajian data yang dilihat dari letak, jenis dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah SMPN 8 kota Kupang kelas VIIA yang pelajaran matematika mata pelajaran penyajian data yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang dikembangkan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan wawancara. kesulitan yang di alami siswa yaitu: Siswa kesulitan untuk menentukan perpotongan sumbuh horisontal dan vertikal siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hasil dalam penelitian ini dapat diharapkan menjadi suatu sumbangan dan bahan pertimbangan bagi dunia pendidikan dan pembelajaran matematika. Berikut ini beberapa saran yang dapat diberikan peneliti adalah sebagai berikut: 1.) Bagi siswa agar terus mencoba untuk memahami dimana letak dan jenis kesulitan yang dialaminya dalam belajar matematika pada materi mata pelajaran penyajian data. 2.) Bagi guru agar memperhatikan letak dan jenis kesulitan belajar matematika siswa. Dengan mengetahui letak dan jenis kesulitan belajar matematika, guru dapat mengusahakan pembelajaran yang sesuai agar dapat meminimalisir maupun mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa.

Published
2024-12-30
How to Cite
NGGADAS, Wulan; JAGOM, Yohanes O.; DOSINAENG, Wilfridus B.N.. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Smpn 8 Kupang Kelas VIIA Pada Materi Penyajian Data. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 682-691, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5893>. Date accessed: 26 july 2025.