Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Persepsi Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di Groom Barbershop Purwokerto

  • Afia Anjelia Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Mayla Surveyandini Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Akbar Pahlevi Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, fasilitas, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Groom Barbershop Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa di Groom Barbershop Purwokerto selama penelitian berlangsung. Sampel diperoleh sejumlah 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dan menggunakan Teknik penentuan sampel yakni accidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, fasilitas, persepsi harga, dan lokasi masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini didukung oleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel pada masing-masing variabel, menunjukkan bahwa peningkatan pada variabel-variabel tersebut dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan konsumen. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya strategi manajemen yang holistik yang mempertimbangkan keempat faktor ini dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam industri barbershop. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel bebas diluar variabel yang diteliti.

Published
2024-12-30
How to Cite
ANJELIA, Afia; SURVEYANDINI, Mayla; PAHLEVI, Akbar. Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Persepsi Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di Groom Barbershop Purwokerto. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 571-579, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5887>. Date accessed: 25 july 2025.