Dampak Pengembangan Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Terhadap Moral, Etika, Budaya, Dan Nilai-Nilai Masyarakat: Sebuah Kajian Menuju Indonesia Emas 2045
Abstract
Pendidikan teknologi dan kejuruan di Indonesia mulai berkembang signifikan sejalan dengan
kebijakan pemerintah yang mendorong pendidikan vokasi sebagai salah satu cara untuk
mengatasi tingginya angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis dampak perkembangan ilmu pendidikan teknologi dan kejuruan terhadap moral,
etika, budaya, dan nilai-nilai di masyarakat Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif-analitik yang menerapkan model analisis data Miles dan Huberman melalui 4 tahap: (1) pengumpulan data melalui connected paper, google scholar, dan web, (2) penyortiran dan reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan teknologi dan kejuruan berdampak besar terhadap moral, etika, budaya, dan nilai-nilai masyarakat. Pendidikan teknologi dan kejuruan berpotensi menjadi kekuatan transformasional yang signifikan, namun untuk memaksimalkan dampaknya, diperlukan pendekatan holistik yang memperhatikan integrasi moral, etika, budaya, dan nilai-nilai dalam menghadapi tantangan era digital yang dinamis. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan mampu menjadi pilar utama dalam mencetak generasi unggul yang siap menyongsong era digital dan berkontribusi signifikan menuju Indonesia Emas 2045.