Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Interaksi Siswa Slow learner
Abstract
Model pembelajaran Team Games Tournament adalah sebuah model pembelajaran yang mengintegrasikan elemen permainan dan kelompok dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan interaksi antar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran TGT dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil yang membantu mereka dalam berkolaborasi, berkomunikasi, dan saling mendukung, sehingga mampu mengurangi kecenderungan untuk terisolasi dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang dimana menggambarkan peristiwa atau kejadian secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Team Games Tournament berhasil meningkatkan interaksi sosial siswa slow learner dengan pengaruh positif terhadap perkembangan keterampilan sosial, seperti kemampuan bekerja dalam tim, berbagi, dan menyelesaikan konflik. Secara keseluruhan, model pembelajaran Team Games Tournament terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menyenangkan dan mendukung siswa dengan kesulitan belajar.