Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Pada Materi Koefisien Determinasi

  • Paskalia Gasela W.Sogen Universitas Katolik Widya Mandira
  • Kristoforus Djawa Djong Universitas Katolik Widya Mandira
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik dalam  mempelajari mata pelajaran matematika materi koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses design didactical research. Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  tes, wawancara dan observasi. Tes  diberikan  pada 31  orang  siswa  SMA  kelas  XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas XIF pada mata pelajaran matematika materi koefisien determinasi. Bentuk hambatan belajar antara lain; 1) kurang kesiapan siswa dalam belajar; 2) kesulitan dalam menyelesaikan soal. Upaya dalam mengatasi hambatan belajar tersebut adalah salah satu diantaranya membangun konsep dasar matematika serta pemahaman matematika yang tepat dengan mengajarkan konsep, prinsip, dengan bahasa yang mudah bagi peserta didik.

Published
2024-12-30
How to Cite
W.SOGEN, Paskalia Gasela; DJONG, Kristoforus Djawa; LETON, Samuel Igo. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Pada Materi Koefisien Determinasi. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 711-716, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5858>. Date accessed: 27 july 2025.