Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Pada Materi Koefisien Determinasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran matematika materi koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses design didactical research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan observasi. Tes diberikan pada 31 orang siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas XIF pada mata pelajaran matematika materi koefisien determinasi. Bentuk hambatan belajar antara lain; 1) kurang kesiapan siswa dalam belajar; 2) kesulitan dalam menyelesaikan soal. Upaya dalam mengatasi hambatan belajar tersebut adalah salah satu diantaranya membangun konsep dasar matematika serta pemahaman matematika yang tepat dengan mengajarkan konsep, prinsip, dengan bahasa yang mudah bagi peserta didik.