Pemahaman Konsep Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri
Abstract
Pembelajaran matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan teknologi. Dalam dunia teknologi yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari kontribusi signifikan matematika. Oleh karena itu, matematika perlu untuk dipahami dan dipelajari sejak dini. Salah satu materi matematika yang mempunyai hubungan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari adalah materi Barisan dan Deret Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang pada materi barisan dan deret geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Indikator pemahaman konsep yang digunakan dalam penelitian ini menurut Benyamin Bloom yaitu, penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta menggunakan triangulasi teknik untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian pada siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi indikator pemahaman konsep yakni, indikator penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi indikator penerjemahan dan penafsiran. Dan siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu memenuhi indikator penerjemahan.