Implementasi Penerapan Modul Ajar di SMK (Studi Evaluasi Dalam Perencanaan Perangkat Pembelajaran Implementatif)

  • Alhaura’ Nabighatul Ula Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini membahas problematika dalam penerapan perangkat pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya penggunaan modul ajar sebagai panduan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas modul ajar dalam membantu siswa mencapai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan industri. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif kualitatif terhadap 8 guru SMKN Tambakboyo di Program Keahlian Teknik Mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menganggap modul ajar efektif, meskipun terdapat kendala dalam menyesuaikan dengan variasi kemampuan siswa dan perkembangan teknologi terkini. Guru juga mengakui bahwa keterbatasan alat praktik menjadi hambatan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek yang mencerminkan situasi industri. Kesimpulannya, modul ajar penting untuk mempersiapkan siswa SMK dalam dunia kerja, tetapi diperlukan evaluasi dan pembaruan yang terus-menerus, serta kolaborasi yang lebih erat dengan pihak industri untuk memastikan relevansi dan efektivitas perangkat pembelajaran di SMK.

Published
2024-12-30
How to Cite
ULA, Alhaura’ Nabighatul. Implementasi Penerapan Modul Ajar di SMK (Studi Evaluasi Dalam Perencanaan Perangkat Pembelajaran Implementatif). PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 511-516, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5844>. Date accessed: 12 july 2025.