Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa
Abstract
Salah satu tujuan dari model pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu model self directed learning, guru menerapkan model ini berfokus pada pengembangan sikap sosial siswa agar siswa dapat memiliki sikap bertanggung jawab dan memiliki inisiatif dalam belajar. Sikap sosial menjadi hal yang penting bagi peserta didik maka perlu adanya pelatihan serta pendidikan yang guru berikan karena sikap tidak dapat terbentuk secara kebetulan atau sengaja. Sikap sosial ini meliputi hal-hal seperti tanggung jawab, perhatian, kejujuran, keyakinan diri, kolaborasi, pemecahan masalah, dan etika yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran melalui penerapan model self directed learning dalam mengembangkan sikap sosial siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan mengumpulkan data dengan observasi serta wawancara. Hasil dari penerapan model ini terlihat guru memberikan kegiatan yang membuat siswa dapat terlibat aktif dan membuat siswa bekerja semua dalam menyelesaikan tugas. Model self directed learning juga memiliki tahapan yang dilakukan oleh guru yaitu melihat kebutuhan siswa, merancang pembelajaran dan adanya penilaian atau evaluasi. Terlihat siswa bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan siswa juga percaya diri serta bersikap sosial dengan baik, sesuai dengan indikator sikap sosial dalam penelitian ini semua indikator terlihat pada siswa selama proses pembelajaran berlangsung.