Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa Kelas IV Melalui Kegiatan Outbound: Sebuah Studi Kasus di SD Peradaban
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perencanaan program outbound dalam membentuk kepercayaan diri siswa di SD Peradaban kelas 4. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan kegiatan outbound dan bagaimana hal itu berdampak pada perubahan tingkat kepercayaan diri siswa. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outbound ini dirancang oleh pihak sekolah terutama guru kelas, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta beberapa pihak yang aktif berkontribusi dalam pelaksanaan program. Program ini dilaksanakan setiap seminggu sekali selama dua semester. Harapannya penelitian ini dapat menjadi penelitian lanjutan yang memperoleh informasi secara maksimal dan detail, terkait pelaksanaan dan hasil dari program outbound.